Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

12 Macam Gerakan Dasar Peraturan Baris Berbaris

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
 
Gerakan Dasar PBB adalah gerakan baris berbaris yang biasa digunakan oleh semua kalangan yakni; Siswa, Polisi, Tentara, maupun aparat pemerintah yang melakukan Apel, Upacara, dll. PBB adalah singkatan lain dari PBB (Perdamaian Bangsa-Bangsa)  PBB dalam kepramukaan yang mempunyai kepanjangan Peraturan Baris-Berbaris, Baris berbaris sangat diperlukan bagi setiap kalangan, karena Baris Baris itu sendiri memiliki beberapa tujuan yakni: 


a)     Guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.
b)   Yang dimaksud dengan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga secara jasmani dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna.
c)    Yang dimaksud rasa persatuan adalah adanya rasa senasib sepenanggungan serta ikatan yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
d)    Yang dimaksud rasa disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan pribadi yang pada hakikatnya tidak lain daripada keikhlasan penyisihan pilihan hati sendiri.
e)    Yang dimaksud rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan-tindakan yang akan dapat merugikan.

Baca juga artikel terkait tentang Pramuka:

12 Macam Gerakan Dasar Peraturan Baris Berbaris yaitu:

     1.Sikap Sempurna
     2.Istirahat di tempat
     3.Lencang depan
     4.Lencang kanan
     5.hadap kiri

Lihat juga artikel terkait, Klik link dibawah ini: 
Peraturan Baris Berbaris bagian 1
Peraturan Baris Berbaris bagian 2
Peraturan Baris Berbaris bagian 3

     6.hadap kanan
     7.balik kanan
     8.hadap serong kiri
     9.hadap serong kanan
     10.berhitung
     11.hormat
     12.jalan di tempat

itulah diatas 12 macam gerakan dasar pramuka dalam peraturan Baris Berbaris. untuk informasi lebih lanjut seputar PRAMUKA, anda bisa kunjungi situs kami yang sangat khusus membahas tentang PRAMUKA. Silahkan Kunjungi link berikut ini : CATATANPRAMUKA