RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMP
NEGERI ……………………………….
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/semester
: VII/Ganjil
AlokasiWaktu : 2X40JP
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya..
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD
|
Indikator
|
KD dari
KI-3`
3.1.Memahami konsep ruang
(lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi,
geologis, flora dan fauna) dan interaksi antar ruang
di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya, dan pendidikan.
|
-Menjelaskan
persebaran sumber daya alam barang tambang di
Indonesia
|
KD dari KI-3
4.1. Menyajikan
hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka
bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antar ruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
-Menjelaskan potensi sumber daya alam barang tambang di Indonesia
-Menjelaskan kondisi alam Indonesia
|
|
|
C. Tujuan pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan peserta didik diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan potensi sumber daya alam barang tambang di Indonesia.
2.
Menyebutkan
daerah persebaran sumber daya
tambang di Indonesia
D. Materi pembelajaran Reguler
a.
Potensi sumber daya alam, kemaritiman, dinamika kependudukan(jumlah,
persebaran, komposisi, pertumbuhan, dan kualitas,
keragaman etnik dan budaya), dan distribusinya.
1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menjelaskan persebaran sumber
daya alam barang tambang di Indonesia
E.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan literasi
10 menit
a.
Pendahuluan (8 Menit)
a.
|
Guru
mengucap salam, mengecek kehadiran siswa dan mengajak bernyanyi lagu
“Indonesia Tanah Airku” untuk
mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
|
b
|
Guru menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan SDA di Indonesia mengajukan pertanyaan “ alat apa yang
digunakan ibu kalian untuk memasak , bahan yang digunakan supaya masakan
menjadi matang , dari mana bahan itu , apakah ada di Indonesia ?
|
c
|
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,
yaitu menjelaskan potensi sumber daya tambang dan persebarannya di Indonesia.
|
d
|
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan, yaitu pembelajaran dengan menerapkan pendekatan
saintifik (5M)
|
e
|
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu
pencatatan perkembangan sikap dengan
observasi/jurnal, penilaian pengetahuan dengan tes tertulis, dan
penilaian keterampilan dengan teknik penilaian kinerja.
|
b.
KegiatanInti (60 Menit)
1.
Mengamati
Peserta didik mengamati
gambar secara berkelompok tentang persebaran barang tambang yang ada Indonesia
dan mencatat apa saja yang belum
diketahui terkait dengan gambar tersebut
2.
Menanya
a.
Peserta didik merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.
Pertanyaan diarahkan pada hal-hal
yang substantive terkait dengan tujuan pembelajaran. Misalnya:
Ø Carilah informasi tentang macam barang tambang di Indonesia dan
Ø Jelaskan persebarannya dan mamfaatnya bagi
masyarakat
b.
Salah satu peserta
didik dari wakil kelompok menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c.
Guru bersama siswa menyeleksi rumusan pertanyaan yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3.
Mengumpulkan informasi
a.
Pesertadidik diberi kesempatan mengunjungi perpustakaan untuk
mengumpulkan informasi. Guru berkolaborasi dengan pustakawan mendampingi
kegiatan peserta didik
b.
Peserta didik melakukan pengumpulan
data/informasi untuk menjawab rumusan pertanyaan. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca buku teks, buku sumber
lainnya, atau browsing internet.
c.
Peserta didik duduk
secara berkelompok untuk berdiskusi
menjawab rumusan pertanyaan yang telah ditetapkan sebelumnya
4.
Mengasosiasi
a.
Peserta didik menganalisis data
atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab
pertanyaan yang telah dirumuskan dengan cara mengelompokkan, mengkategorikan, dan membuat tabel.
b.
Peserta didik mendiskusikan di
dalam kelompok untuk mendeskripsikan dan
mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan
5.
Mengomunikasikan
a. Setiap kelompok
diminta untuk mempresentasikan
hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang terkait
dengan persebaran barang tambang di Indonesia.
b. Kelompok lain diminta
memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c. Peserta didik bersama guru menyimpulkan atas jawaban dari pertanyaan.
6.
Kegiatan Penutup
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
menyimpulkan kegiatan pembelajaran
|
Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
|
Guru guru member umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara tes tertulis
|
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu
membuat kliping macam sumber daya alam barang tambang dan persebarannya
|
A.
Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap : observasi/jurnal
b. Pengetahuan : tes tertulis
c. Keterampilan : kinerja
2. Instrumen penilaian
a. Sikap (terlampir)
b. Pengetahuan (terlampir)
c. Keterampilan (terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran
remedial dilakukan dalam bentuk pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik
yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
4. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik
yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) yaitu dengan
meringkas buku-buku referensi lain tentang lokasi wilayah Indonesia dan pengaruhnya
terhadap kehidupan penduduk dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan.
B. Media,
alat dan Sumber Belajar
1.
Media
:Gambar, Video, Peta dan Data tentang perubahan akiba tinteraksi ruang
2.
Alat
: LCD Proyektor dan Komputer serta tayangan
slide Power point (ppt) yang telah disiapkan.
3.
Sumber Belajar
:Buku Siswa
IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, Internet, Narasumber,
Lingkungan sekitar dan sumber lain yang
relevan.
Mengetahui Pamekasan
, ….. September 2016
Kepala
SMP Negeri …………….. Guru Mata Pelajaran
……………………………………………. ………………………………………
…………………………………………… ………………………………………
A. PenilaianSikap
1. Teknik penilaian: Observasi
2. Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a. Instrumen Penilaian
1)
Petunjuk Umum
a)
Instrumen
penilaian/pencatatan kompetensi sikap spiritual
berupa Lembar Observasi.
b)
Instrumen ini diisi
oleh guru.
2)
Petunjuk Pengisian
Berdasarkan
pengamatan Anda selama proses pembelajaran, tulisan kejadian-kejadian khusus
sesuai format jurnal berikut.
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMP
……
Kelas/Semester :
VII/I
Mata Pelajaran :
IPS
Tahun pelajaran :.......
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta Didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
4
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Dst ..
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran,
________________________
B.
Penilaian
Pengetahuan
1.
Teknik Penilaian: Tes tertulis bentuk uraian
2.
Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran
a.
Instrumen Penilaian
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(SOAL URAIAN)
1)
Petunjuk Umum
a)
Instrumen penilaian
pengetahuan ini berbentuk soal uraian.
b)
Soal ini dikerjakan oleh peserta didik.
2)
Petunjuk Pengisian
Kerjakan soal berikut dengan singkat dan jelas!
3) Soal
No
|
Indikator
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Menjelaskan persebaran sumber daya alam barang tambang di Indonesia
|
Sebutkan
5 daerah pertambangan minyak bumi di
Indonesia!
|
2
|
Menjelaskan potensi sumber daya alam di Indonesia
|
Jelaskan potensi sumber daya alam barang tambang di Indonesia
|
3
|
Menjelaskan kondisi alam Indonesia
|
Jelaskan kondisi
alam Indonesia
|
b.
Kunci Jawaban dan Pedoman Pensekoran
Pedoman
Penskoran Soal Uraian
No.
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jawa
Barat , Jawa Tengah , kalimantan timur , sumatera utara , sumatera selatan .
|
4
|
Skor
Maksi
|
4
|
|
2
|
Sumber
daya
alam adalah semua bahan yang
ditemukan manusia dalam alam yang dapatdipakai untuk kepentingan hidupnya.
|
3
|
Skor Maksimum
|
3
|
|
3
|
Bendamati
maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkanuntuk memenuhi
kebutuhan hidup manusia
|
3
|
C. PenilaianKeterampilan
1.
Teknik Penilaian: Penilaian Kinerja (proses dan produk)
2.
Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran
a.
Kinerja proses
LEMBAR OBSERVASI
KINERJA PRESENTASI
Mata pelajaran : ...
Kelas/Semester : ...
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Rerata
Nilai
|
|||||||||||||||
Penampilan
|
Media yang digunakan
|
Penguasaan materi
|
Sistematika penyampaian
|
|||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru,
________________________
b.
Kinerja Produk
Rubrik
Penilaian Kliping
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Rerata
Nilai
|
|||||||||||||||
Kesesuaian dengan tema
|
Sistematika
|
Kuantitas
|
Kebaruan berita
|
|||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment