Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Resensi Buku Psikologi Belajar Karya Muhibbin Syah,M.Ed 2003

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
Bakat Diketahui, Belajarpun Lebih Tenang

Judul                 : Psikologi Belajar
Jenis Buku        : Non Fiksi
Pengarang        : Muhibbin Syah,M.Ed
Penerbit            : PT Raja Grafindo Persada
Tahun Terbit     : 2003
Kota Terbit        : Jakarta      
Tebal                 : 250 Halaman
Resensator       : Mutmainnatus Shalehah



Psikologi belajar adalah cabang ilmu psikologi yang berisi teori-teori psikologis mengenai cara belajar.Teori ini berupaya mengungkapkan hakikat umum belajar dan syarat-syarat yang diperlukan agar proses belajar dapat berjalan dengan baik dan lancar.Tentang perkembangan psiko-fisik siswa yang meliputi perkembangan fisik-motorik,kognitif,dan perkembangan sosial dan moral.
Konsep belajar dimulai dengan bahasa mengenai arti dan pentingnya belajar bagi perkembangan dan kehidupan manusia,ditambah dengan tinjauan dari perspektif keagamaan.
Karakteristik, Manifestasi dan ragam belajar,diketengahkan delapan ragam belajar dengan penjelasanbahwa keanekaragaman jenis belajar ini muncul sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang juga bermacam-macam.Namun, diantara berbagai janis kegiatan belajar tersebut sayang sekali tidak tercantum belajar kreatif, padahal kreaktivitas merupakan salah satu matra yang menentukan kaberbakatan dan keunggulan prestasi disamping kemampuan umum dan motivasi interinsik.
Muhibbin Syah lahir di Linduk, sebuah kawasan desa dikawasan pantura kabupaten DT.II.Sarang Propinsi Banten.Ia menamatkan sekolah dasar dan menengah di daerahnya sendiri,lalu melanjutkan ke IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tetapi tidak tamat karena kekurangan biaya.
Demikian pula ragam pemecahan masalah,tidak mencakup pemecahan masalah secara kreatif.pemecahan masalah diartikan sebagai metode ilmiah atau berfikir secara sistematis,logis,teratur,dan kritis.padahal,untuk mampu mengantisipasi dan menghadapi masa depan juga diperlukan kemampuan berfikir dan memecahkan masalah secara kreatif.

Kelebihannya antara lain ialah bahwa model-model belajar dan bagan-bagan ditampilkan secara sistematis,sehingga memudahkan pemahaman dan pembelajarannya. 

1 comment: