Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan Siswa

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
Dibawah ini adalah Instrumen Penilaian Pengetahuan. bagi yang membutuhkannya silahkan kirim email. insya allah postingan ini sangat bermanfaat bagi guru atau anda yang calon guru. lebih-lebih sebagai wali kelas yang sedang menggarap atau ingin tau bagaimana format dokumen Instrumen Penilaian Pengetahuan untuk siswa, dapat langsung membaca isi postingan dibawah. 


INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Kisi-Kisi Tes Tulis
Sekolah                         : SMP
Mata Pelajaran           :  IPS
Kelas / smt                  : VII / 1
Tahun                          : 2016 -2017

Kompetensi Dasar
Kelas
Materi
Indikator
Bentuk Soal
4.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
VII
· Lokasi Indonesia untuk memahami letak dan luas melalui peta.

· Potensi sumber daya alam, kemaritiman, dinamika kependudukan(jumlah, persebaran, komposisi, pertumbuhan, dan kualitas, keragaman etnik dan budaya), dan distribusinya.

· Kondisi geologis dan bentuk muka bumi.



· Flora dan fauna Indonesia.





· Pengaruh interaksi antar ruang terhadap kehidupan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
-       Siswa dapat menyebutkan  5 unsur peta

-          Peserta didik dapat menjelaskan letak geografis Indonesia





-            Siswa dapat menyebutkan dampak positif iklim tropis di Indonesia


-          Siswa dapat menjelaskan perbedaan fauna tipe asiatis dan tipe australis

-          Siswa dapat mengidentifikasi aktifitas penduduk di daerah dataran rendah

-           
Uraian




Butir Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman penskoran

No
Butir Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.





2.






3.



4.





5.




Sebutkan 5 unsur-unsur peta !





jelaskan letas geografis Indonesia!





Jelaskan perbedaan fauna tipe asiatis dan fauna tipe australis


Sebutkan aktivitas penduduk di daerah dataran rendah




Sebutkan dampak positif iklim tropis di Indonesia
-          Judul peta, Skala peta, orientasi arah, , simbol peta,Garis koordinat, inset, legenda, Sumber peta

-          Secara Geografis Indonesia terletak antara 2 benua (Asia&Australia) dan 2 samudera (Pasifik&Atlantik)

-          Fauna tipe asiatis : besar-besar dan buas, hewan mamalia, australis hewan berkantong , jenis burung dengan warna menyolok atau terang , hewan kecil


-          Aktivitas penduduk di daerah dataran rendah : Pertanian, peternakan, perkebunan, perdagangan, industri

-          Curah hujan tinggi sepanjang tahun

-          Memiliki 2 musim, musim panas dan misim hujan

-          Hasil pertanian dan perikanan melimpah

-          Memiliki hutan hujan tropis



5





4






4



5





10

Skor max  =  28
Nilai           =  skor perolehan  x 100
                                    Skor max



  PENILAIAN KETERAMPILAN

Kisi-Kisi Penilaian Ketrampilan
Jenjang Sekolah          : SMP Negeri 1 Tlanakan
Mata Pelajaran           : IPS
Kurikulum                    : Kurikulum 2013
Tahun                          : 2016


KOMPETENSI DASAR

MATERI
INDIKATOR

BENTUK
PENILAIAN

4.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
Potensi Sumber Daya Alam dan kemaritiman Indonesia

Membuat penilaian portofolio
Potensi sumber daya laut ( tumbuhan bakau , terumbu karang )

Penilaian
Portofolio



Pedoman Penskoran Penialain Ketrampilan

NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG SKOR
1
Persiapan
- Menyiapkan sumber- sumber (buku siswa, majalah,
   surat kabar, media Internet, audio visual)
- Menyiapkan bahan-bahan lainnya


0 - 2

Pelaksanaan:
- Pengumpulan data-data yang relevan
- mengidentifikasi data sesuai dengan tugas yang
   dibuat
- menyusun hasil pengamatan


0 – 3


Pelaporan :
- Ketepatan waktu menyelesaikan tugas
- Terdapat judul laporan
- Kerapian
- Kesesuaian konten dengan tugas yang diberikan


0 - 4

Presentasi
- Bahasa runtut
- Performance
- Isi materi (konten)
- Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat



0 - 4

Skor Maksimum
13

Keterangan:
            Tahap Persiapan
            - Lengkap : skor 2
            -Tidak lengkap: skor 1

      

No comments:

Post a Comment