Dibawah ini adalah Instrumen Penilaian Pengetahuan. bagi yang
membutuhkannya silahkan kirim email. insya allah postingan ini sangat bermanfaat
bagi guru atau anda yang calon guru. lebih-lebih sebagai wali kelas yang sedang menggarap atau ingin tau bagaimana format dokumen Instrumen Penilaian Pengetahuan untuk siswa, dapat langsung membaca isi postingan dibawah.
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Kisi-Kisi Tes Tulis
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / smt : VII / 1
Tahun
: 2016 -2017
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
4.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk
muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia
serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
VII
|
· Lokasi Indonesia untuk memahami letak dan
luas melalui peta.
·
Potensi
sumber daya alam, kemaritiman, dinamika kependudukan(jumlah, persebaran,
komposisi, pertumbuhan, dan kualitas, keragaman etnik dan budaya), dan
distribusinya.
· Kondisi geologis dan bentuk muka bumi.
· Flora dan fauna Indonesia.
· Pengaruh interaksi antar ruang terhadap
kehidupan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
-
Siswa
dapat menyebutkan 5 unsur peta
-
Peserta
didik dapat menjelaskan letak geografis Indonesia
-
Siswa
dapat menyebutkan dampak positif iklim tropis di Indonesia
-
Siswa
dapat menjelaskan perbedaan fauna tipe asiatis dan tipe australis
-
Siswa
dapat mengidentifikasi aktifitas penduduk di daerah dataran rendah
-
|
Uraian
|
Butir Soal, Kunci Jawaban dan
Pedoman penskoran
No
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Sebutkan 5
unsur-unsur peta !
jelaskan letas
geografis Indonesia!
Jelaskan
perbedaan fauna tipe asiatis dan fauna tipe australis
Sebutkan
aktivitas penduduk di daerah dataran rendah
Sebutkan dampak
positif iklim tropis di Indonesia
|
-
Judul peta, Skala peta, orientasi arah, , simbol peta,Garis koordinat,
inset, legenda, Sumber peta
-
Secara Geografis Indonesia terletak antara 2 benua (Asia&Australia)
dan 2 samudera (Pasifik&Atlantik)
-
Fauna tipe asiatis : besar-besar dan buas, hewan mamalia, australis hewan
berkantong , jenis burung dengan warna menyolok atau terang , hewan kecil
-
Aktivitas penduduk di daerah dataran rendah : Pertanian, peternakan,
perkebunan, perdagangan, industri
-
Curah hujan tinggi sepanjang tahun
-
Memiliki 2 musim, musim panas dan misim hujan
-
Hasil pertanian dan perikanan melimpah
-
Memiliki hutan hujan tropis
|
5
4
4
5
10
|
Skor
max =
28
Nilai = skor perolehan x 100
Skor max
PENILAIAN KETERAMPILAN
Kisi-Kisi Penilaian Ketrampilan
Jenjang Sekolah :
SMP Negeri 1 Tlanakan
Mata Pelajaran :
IPS
Kurikulum
: Kurikulum 2013
Tahun
: 2016
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
PENILAIAN
|
4.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk
muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia
serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
Potensi
Sumber Daya Alam dan kemaritiman Indonesia
|
Membuat
penilaian portofolio
Potensi
sumber daya laut ( tumbuhan bakau , terumbu karang )
|
Penilaian
Portofolio
|
Pedoman Penskoran Penialain Ketrampilan
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG SKOR
|
1
|
Persiapan
- Menyiapkan sumber- sumber (buku siswa, majalah,
surat
kabar, media Internet, audio visual)
- Menyiapkan bahan-bahan lainnya
|
0 - 2
|
|
Pelaksanaan:
- Pengumpulan
data-data yang relevan
- mengidentifikasi
data sesuai dengan tugas yang
dibuat
- menyusun
hasil pengamatan
|
0 – 3
|
|
Pelaporan :
- Ketepatan
waktu menyelesaikan tugas
- Terdapat
judul laporan
- Kerapian
- Kesesuaian
konten dengan tugas yang diberikan
|
0 - 4
|
|
Presentasi
- Bahasa
runtut
- Performance
- Isi
materi (konten)
- Dapat
menjawab pertanyaan dengan tepat
|
0 - 4
|
|
Skor Maksimum
|
13
|
Keterangan:
Tahap Persiapan
- Lengkap : skor
2
-Tidak lengkap:
skor 1
No comments:
Post a Comment