Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Makalah tentang Footsal

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
Hai sahabat pembaca. Pada postingan kali ini saya akan share tentang makalah footsal, makalah  ini sangat cocok sekali pada anda yang sedang membutuhkan makalah ini. Semoga dipostingnya makalah ini bias menjadi manfaat bagi kalian semua.

BAB 1
PENDAHULUAN
     A.    Latar Belakang
Di era globalisasi sekarang ini banyak sekali masyarakat yang tidak peduli akan pentingnya olahraga, karena mereka lebih sibuk dengan pekerjaan mereka. Sehingga mereka lalai pada kesehatan tubuh.
Disini olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani. Olahraga asli dari berbagai daerah di Indonesia, mungkin belum terkenal di tingkat nasional namun cukup populer di daerah asalnya. Khazanah budaya bangsa yang sebaiknya tetap diperhatikan dan di bina sebelum habis punah dilanda oleh arus , terutama oleh permainan era digital dengan menggunakan perangkat komputer.
Futsal,  olah raga sepak bola dalam ruangan, kini semakin digemari di kota-kota besar  Indonesia. Olah raga ini memungkinkan  area dengan lahan yang sempit memberikan fasilitas yang hampir mirip dengan lapangan rumput sepak bola. Futsal merupakan solusi bagi kota-kota besar yang terbatas area terbukanya. Bahkan futsal sudah dipertandingkan secara internasional baru-baru ini. Bermain futsal sungguh mengasyikkan, semua orang bisa mengikutinya hanya dengan menyewa lapangan futsal yang kini banyak tersedia, salah satunya, di Jakarta. Tidak perlu harus ahli dahulu untuk mengikuti olah raga ini, bahkan banyak digunakan untuk acara sosialisasi saja. Tetapi bagaimanapun futsal merupakan olah raga yang perlu penanganan tepat terutama dalam pelaksanaannya. Karena salah-salah ingin sehat malahan membuat penyakit. Penting untuk memperhatikan mulai dari kostum (terutama sepatu) dan pemanasan, permainan dan pendinginan.
Oleh karena itu, disini kami akan menjelaskan tentang bagaimana olah raga futsal yang baik dan benar. Sehingga nantinya tidak ada kesalahan dalam memainkannya.

      B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pengertian dan sejarah futsal ?
2.      Apa saja sarana prasarana futsal?
3.      Bagaimana peraturan futsal?
4.      Bagaimana latihan dasar olah raga futsal?

      C.    Tujuan
1.      Mengetahui pengertian dan sejarah futsal.
2.      Mengetahui sarana prasarana futsal.
3.      Mengetahui peraturan futsal.
4.      Mengetahui latihan dasar futsal.


BAB II
PEMBAHASAN

      A.    Pengertian dan Sejarah Futsal
Kata futsal berasal dari bahasa Spanyol, yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan), yang jika digabung artinya menjadi “Sepak Bola dalam Ruangan”. Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata, football dan sala.
Olahraga futsal yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.
Futsal pertama kali dimainkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juaranya Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984. Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia. Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

      B.     Sarana Prasarana Futsal.
Sebenarnya futsal sendiri merupakan bentuk mini dari olah raga sepak bola namun dimainkan dengan lapangan yg lebih kecil dan jumlah pemain yang lebih sedikit tentunya. Untuk lebih mengenal olah raga futsal ini, berikut perlengkapan futsal dalam acara resmi :

1.    Lapangan permainan
a)      Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m.
b)      Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah.
c)      Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos.
d)     Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang.
e)      Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang.
f)       Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.
g)      Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m.
h)      Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif.
2.    Bola futsal
Hampir tidak ada perbedaan antara bola futsal dengan bola di sepak bola kecuali dalam hal ukuran, karena ukuran bola futsal lebih kecil dibanding dengan ukuran bola dalam sepak bola. Berikut berbagai aturan untuk bola futsal. Terbuat dari bahan kulit atau bahan yang sesuai lainnya. Dalam pertandingan internasional, bola futsal yang terbuat dari kulit laken (felt ball) tidak diperbolehkan. Keliling bola tidak boleh kurang dari 62 cm dan tidak boleh lebih dari 64 cm. Berat bola futsal tidak kurang dari 400 gram dan tidak lebih dari 440 gram pada permulaan pertandingan. Tekanan bola yaitu 0,4 sampai 0,6 atmosfer (atm) atau 400 – 600 g/cm3 pada permukaan laut.
Saat bola pertama kali dipantulkan oleh wasit dari ketinggian 2 meter, tinggi pantulan tidak boleh kurang dari 50 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm pada pantulan pertama.
3.      Kaos tim
Untuk bahan kaos dalam perlengkapan futsal ini, tidak ada aturan spesifik. Asalkan dapat menjadi tanda yang membedakan dengan klub lain, kaos dianggap sah, dianjurkan memakai bahan dari katun agar mudah menyerap keringat. FIFAmembuat aturan khusus bagi penomoran. Kaos harus diberi nomor dari 1 sampai 99 ,  posisi nomor terletak dibelakang kaos. Warna nomor harus berbeda jelas dengan warna dasar kaos.
4.      Celana Pendek
Pemain diwajibkan memakai celana pendek. Pemilihan bahan celana tidak diberlakukan aturan khusus. Jika memakai bicycle pants, warna diharuskan sama dengan warna celana pendek. Pengecualian baru diberikan kepada penjaga gawang karena diperbolehkan memakai celana panjang. Warna kostum penjaga gawang harus dibedakan dengan warna kostum pemain lain serta kostum wasit.
5.      Kaos kaki
Kaos kaki panjang wajib dipakai oleh pemain futsal dalam sebuah pertandingan karena dapat melindungi kaki dan mempermudah pemakaian pelindung tulang kering. Tidak ada peraturan spesifik mengenai warna dan bahannya. Apabila saat latian dibolehkan jika memakai kaos kaki pendek karena tidak ada aturan yang menetapkan jika latian pemain memakai kaos kaki pendek.
6.      pelindung tulang kering.
Bahan alat pelindung ini diharapkan terbuat dari karet dan sejenisnya. Bahan lain yang cocok juga diizinkan, asalkan memberikan perlindungan yang sesuai. Biasanya dipakai pada waktu pertandingan karena pelindunng kaki wajib untuk mencegah benturan di daerah betis dan untuk latian tidak di wajibkan memakai akan tetapi biar aman harus memakainya.
7.    Sepatu
Sepatu yang digunakan dalam olah raga futsal adalah sepatu yang materialnya terbuat dari synthetic perlize (kulit sintetis yang licin). Selain itu, desain juga menjadi pertimbangan dalam memilih sepatu. Sepatu dengan bahan ini tidak mudah berubah bentuk seperti yang terbuat dari kulit sintetis. Dan memiliki alas landai.
8.      Kun
Kun berfungsi sebagai pembatas pemanasan dengan bola atau sebagai pembatas jika melatih fisik kita dalam bermain futsal.

       C.    Peraturan Futsal
1.      Lama permainan.
Lama dalam bermain futsal yaitu 2x20 menit, waktu diberhentikan ketika bola berhenti dimainkan. Waktu dapat diperpanjang untuk tendangan penalti. Time-out: 1 per regu per babak; tak ada dalam waktu tambahan.Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit.
2.      Jumlah pemain
a.       Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang.
b.      Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2.
c.       Jumlah pemain cadangan maksimal: 7.
d.      Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas. Metode pergantian: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit).

      D.    Latihan Dasar Futsal
1.      Pemanasan
Pemanasan berfungsi untuk menyiapkan kondisi otot sebelum melakukan gerakan-gerakan dalam olah raga futsal agar tidak terjadi cidera atau meminimalisir cidera saat melakukan gerakan-gerakan futsal.
2.      Latihan Mengontrol dan passing bola
Mengontrol bola dalam permainan futsal dapat dilakukan dengan menggunakan kaki dalam, kaki luar dan telapak kaki. Sedangkan mengofer bola memakai kaki dalam, kaki luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah tidak ada yang salah. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki dalam dengan arah mendatar. Pasalnya, operan ini memiliki akurasi paling baik di banding yang lainnya. Termasuk umpan panjang yang menyusur lapangan. dan juga yang paling penting ketepatan mengoper bola pada kawan. Bentuk latihannya sebagai berikut:

·         Posisi pemain berdiri sejajar sambil berhadapan dengan jarak 4-9 meter.
·         Pemain no 1 mengoper bola ke pemain no 2  dengan cara simpan tumpuan kaki di samping bola sekitar satu kepal tangan
·         Lalu ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang dengan kaki bagian dalam.
·         Tendang bola tepat dibagian tengah supaya bola tidak melambung ke atas dan usahakan tepat pada sasaran.
·         Setelah bola menggelinding, pemain no 2 melakukan kontrol bola dengan menggunakan telapak kaki bagian depan kemudian lakukan passing ke pemain no 1 seperti cara diatas.
·         Lakukanlah gerakan yang sama ketika mengoper dan mengontrol bola secara berulang ulang.
3.      Latihan Menggiring Bola (dribling)
Menggiring bola adalah salah satu keahlian vital yang harus dimiliki oleh seorang pemain futsal karena dengan menggirring bola dengan baik maka pemain dapat melewati bahkan bisa membuat gol dengan tehnik menggiring bola yang baik.bentuk latiannya sebagai berikut :
·         Posisi pemain berdiri sejajar sambil berhadapan dengan jarak 7-15 meter.
·         Pemain no 1 menggiring bola menggunakan telapak kaki menuju pemain no 2.
·         Lalu pemain 1 diam di posisi pemain no 2.
·         Pemain no 2 melakukan drible menju posisi pemain no 1 .
·         Lakukan gerakan ini secara berulang ulang dengan terus mengontrol bola dengan tetap menguasai bola menggunakan telapak kaki
4.      Latihan menendang bola (shooting)
Latihan menendang bola berfungsi untuk melatih tendangan agar memiliki tendangan dengan akurasi bagus dan sangat keras sehingga  bisa mencetak gol dari tendangan yang kita miliki. Tendangan yang baik menggunakan punggung kaki dan ujung kaki dan posisi tumpuan kaki harus benar sehingga tendangan dapat terkontrol dengan baik. Cara melatih tendangan sebagai berikut :
·         Pemain no 1 berdiri dengan bola berada di depan kaki dan posisi badan menghadap Pemain no 2 yang membelakangi gawang.
·         no 1 passing ke arah tepat di kaki  no 2.
·         Setelah passing no 1 berlari dengan kecepatan ke arah bola berjalan.
·         Lalu pemain no 2 memantulkan yang telah diberikan pemain no 1.
·         Kemudian no 1 menerima bola dan menggiring bola dengan satu sentuhan.
·         Lalu shooting ke arah gawang menggunkan punggung kaki atau ujung sepatu.
·         Diusahakan perkenaan ujung sepatu tepat di tengah-tengah bola pada saat melakukan shooting.

5.      Pendinginan (cooling down)
Pendinginan berfungsi juga untuk melemaskan otot-otot kaki yang kencang setelah bermain  dan juga berfungsi untuk menurunkan kondisi tubuh yang dalam tempo tinggi sehingga dapat meminimalisir cidera setelah latian.


BAB III
PENUTUP

      A.    KESIMPULAN
Kata futsal berasal dari bahasa Spanyol, yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan), yang jika digabung artinya menjadi “Sepak Bola dalam Ruangan”. Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata, football dan sala. Olahraga futsal yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki.
Futsal pertama kali dimainkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965. Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982. Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.
Sarana prasarana futsal antara lain : lapangan,bola,kaos tim,celana pendek, kaos kaki panjang/pendek, sepatu, pelindung tulang kering dan kun.
Lama permainan futsal adalah 2x20 menit dengan 5 pemain di dalam lapangan dan beberapa pemain cadangan diluar dengan menggunakan pergantian melayang.
Ada beberapa latihan dasar futsal seperti :
·         Pemanasan
·         Latihan Mengontrol dan passing bola
·         Latihan Menggiring Bola (dribling)
·         Latihan menendang bola (shooting)
·         Pendinginan (cooling down)


DAFTAR PUSTAKA

·         http://tutorialfutsal.blogspot.com/2014/09/penerapan-program-latihan-fisik-futsal.html
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga

·         http://id.wikipedia.org/wiki/Futsal




No comments:

Post a Comment