Secara detaill dibawah ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SMP Kelas VIII (Melaporkan, Menceritakan dan Menjelaskan Kalimat dengan Pola Simple Past Tense).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 1 Pamekasan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks
Tulis Undangan Pribadi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. KOMPETENSI
INTI
·
KI
1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·
KI
2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·
KI
3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
·
KI
4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mensyukuri setiap kesempatan mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang di wujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
Bersemangat dalam melaksanakan
setiap kegiatan
pada pembelajaran.
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
|
2.1.1
Membantu teman yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru
dan teman.
|
2.2.1 Tidak
mencontek waktu melaksanakan
tugas individu.
2.2.2
Mengerjakan tugas dengan baik serta
mengumpulkannya tepat waktu.
|
2.3 menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
2.3.1
Berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar kelompok.
|
3.4 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi diwaktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi diwaktu
lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
|
3.4.1 Mengidentifikasi struktur sosial dari
Kalimat past tense.
3.4.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
dari kalimat past tense.
3.4.3 Mengidentifikasi fungsi sosial
dari kalimat past tense.
3.4.4
Menyebutkan contoh kalimat past tense.
4.4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menanyakan dan menyatakan tentang past tense.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Ø Tujuan
sikap spiritual (setiap pertemuan)
1.1.1
Bersemangat
dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa
Inggris.
1.1.2
Serius
dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
Ø Tujuan
sikap sosial (Setiap Pertemuan)
2.1.1
Menunjukkan
sikap santun, peduli, jujur, disiplin,
percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi dengan guru dan teman.
Ø Tujuan
Pengetahuan dan keterampilan
1.1 Siswa dapat mengidentifikasi kata kerja serta tense bentuk
ke 2 yang digunakan secara benar
1.2 Siswa dapat memahami, menyatakan, menanyakan kalimat
lisan dan tulis yang menyatakan kedaan atau kejadian atau kegiatan yang terjadi
disaat lampau.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Materi Pokok
Fungsisosial
Melaporkan, Menceritakan dan Menjelaskan
Unsur kebahasaan
(1)
Kata kerja dalam simple past tense
(2)
Kalimat dengan pola simple past tense
Struktur Teks
What
did you do after school yesterday? My brother and i went fishing in the river;
who opened the box? Yusuf did; he got an accident. He was riding on his
motorcycle and hit the lamp post.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas,
dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab.
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
pembelajaran : Scientific Approach dengan pendekatan discovery learning
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
a. Media : power point
b. Alat/Bahan : Laptop, LCD, Papan Tulis, Lembar
Kerja
b. Sumber belajar :
- Buku Bahasa Inggris,
BUPENA English for SMP/MTS GRADE
VIII
-BRIGHT an English Course for Junior High
School Students.
- Alfa Link
(electronic Dictionary)
- Internet.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan (5 menit)
-
Mengucapkan salam dan berdoa
-
Memberikan motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan scenario pembelajaran
Kegiatan
inti
Mengamati
membaca dan memahami contoh-contoh past tense yang ada di
buku.
Menanya
·
Menanyakan
kejadian/kegiatan yang terjadi saat lampau yakni tentang past tense.
Mengasosiasi
·
siswa
mengamati berbagai macam contoh teks tentang Past Tense yang ditunjukkan oleh
guru.
·
Siswa
membandingkan kalimat-kalimat yang dipakai dalam setiap teks tentang Past Tense
yang mereka amati.
Mengkomunikasikan
Siswa membuat teks minimal 5 kalimat tentang past tense yang menjelaskan
tentang
keadaan atau kegiatan atau kejadian
yang benar-benar mereka alami sendiri atau orang
lain yang mereka tahu dengan kalimat
mereka sendiri. Kemudian membacakan hasil
kerjanya di depan kelas.
Penutup (10 menit)
·
Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·
Memberikan tugas, baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik Penilaian : Unjuk kerja
2. Bentuk : Tes tulis membuat kalimat
3.
Instrumen : Make some
sentences by using Past Tense
RubrikPenilaianAspekKeterampilan
Menulis:
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
2
|
Intonasi
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
3
|
Ketelitian
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
4
|
Kelancaran
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
5
|
Action
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
Total Score
|
20
|
Rubrik Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
(Respect)
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikapsantun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
5
4
3
2
1
|
2
|
bertanggungjawab
(responsible)
|
Sangat sering menunjukan sikap bertangung jawab
Sering menunjukan sikap bertanggung jawab
Beberapa
kali menunjukan sikap bertanggung jawab
Pernah menunjukan sikap bertanggung jawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Jujur
(honest)
|
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa
kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Disiplin
(discipline)
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Percayadiri
(confidence)
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
|
5
4
3
2
1
|
Pamekasan, 08 Oktober 2016
Mengetahui,
Guru Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
…………………………. ………………………..
……………………………. ……………....
No comments:
Post a Comment