Secara detaill dibawah ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SMP Kelas VIII (Teks Tulis Undangan Pribadi yang Sangat Pendek dan Sederhana).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 1 Pamekasan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks
Tulis Undangan Pribadi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. KOMPETENSI
INTI
·
KI
1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·
KI
2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·
KI
3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
·
KI
4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mensyukuri setiap kesempatan mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang di wujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
Bersemangat dalam melaksanakan
setiap kegiatan
pada pembelajaran.
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
|
2.1.1
Membantu teman yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru
dan teman.
|
2.2.1 Tidak
mencontek waktu melaksanakan
tugas individu.
2.2.2
Mengerjakan tugas dengan baik serta
mengumpulkannya tepat waktu.
|
2.3 menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
2.3.1
Berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar kelompok.
|
3.4 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.4 Menangkap makna undangan pribadi
yang sangat
pendek dan sederhana.
5.4 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan Merespon Ungkapan mengundang dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
|
3.4.1 Mengidentifikasi struktur sosial dari
Teks undangan pribadi.
3.4.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
dari ungkapan Teks undangan pribadi.
3.4.3 Mengidentifikasi fungsi sosial
dari Teks undangan pribadi.
3.4.4
Menyebutkan contoh Teks Undangan Pribadi.
3.4.5 Merespon Teks Undangan Pribadi.
4.4.1 Mengidentifikasi tujuan dari teks
undangan pribadi.
4.4.2 Menentukan informasi secara rinci dari
teks undangan pribadi.
5.4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menanyakan dan menyatakan kemampuan ungkapan mengundang.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan 1
1.1 Siswa dapat Menangkap makna yeks tulis yang berbentuk
undangan
1.2 Siswa dapat
menyusun kalimat yang dipakai untuk mengundang seseorang.
2.
Pertemuan 2
2.1 siswa dapat mengidentifikasi bermacam-macam teks tulis
berbentuk undangan.
2.2 Siswa dapat membuat teks undangan pribadi dengan kalimat
sendiri.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Materi Pokok
Teks tulis undangan pribadi yang sangat pendek
dan sederhana
Fungsisosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Unsur kebahasaan
(1)
Kosa
kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam undangan dari sumber-sumber
otentik.
(2)
Kata
ganti kepunyaan : my, your, our, their,
her, his, its/mine, yours, ours, theirs, hers, his, and its.
(3)
Kata
ganti subjek : i, You, we, they, he, she,
it.
(4)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(5)
Ucapan,
tekanan kata,
intonasi
(6)
Ejaandan
tanda baca
(7)
Tulisan
tangan
Struktur Teks
a.
Menyebutkan tujuan dari undangan pribadi
b.
Menyebutkan informasi secara rinci dari undangan
pribadi
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas,
dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab.
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
pembelajaran : Scientific Approach
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
a. Media : Gambar, buku siswa, worksheet
b. Sumber belajar :
- Buku Bahasa Inggris,
BUPENA English for SMP/MTS GRADE
VIII
-BRIGHT an English Course for Junior High
School Students.
- Alfa Link
(electronic Dictionary)
- Internet.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan (5 menit)
-
Mengucapkan salam dan berdoa
-
Memberikan motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan scenario pembelajaran
Kegiatan
inti
Mengasosiasi
·
siswa
mengamati berbagai macam contoh teks undangan yang ditunjukkan oleh guru.
·
Siswa
membandingkan kalimat-kalimat yang dipakai dalam setiap undangan yang mereka
amati.
Mengkomunikasikan
Siswa membuat teks undangan pribadi dengan kalimat mereka sendiri.
Penutup (10 menit)
·
Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·
Memberikan tugas, baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik Penilaian : Unjuk kerja
2. Bentuk : Tes tulis membuat teks undangan pribadi
3.
Instrumen : Make an invitation based to the theme below
(terlampir)
RubrikPenilaianAspekKeterampilan
Menulis:
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
2
|
Intonasi
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
3
|
Ketelitian
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
4
|
Kelancaran
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
5
|
Action
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
Total Score
|
20
|
Rubrik Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
(Respect)
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikapsantun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
5
4
3
2
1
|
2
|
bertanggungjawab
(responsible)
|
Sangat sering menunjukan sikap bertangung jawab
Sering menunjukan sikap bertanggung jawab
Beberapa
kali menunjukan sikap bertanggung jawab
Pernah menunjukan sikap bertanggung jawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Jujur
(honest)
|
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa
kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Disiplin
(discipline)
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Percayadiri
(confidence)
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
|
5
4
3
2
1
|
Pamekasan, 04 Oktober 2016
Mengetahui,
Guru Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
………………………… ……………………….
………………………………. …………………
No comments:
Post a Comment