Kata Pengantar
Alhamdulillahi
Rabbil ‘Aalamin,saya hadirkan kehadirat
Allah Swt yang tidak pernah berhenti melimpahkan berjuta-juta kenikmatan,taufik
dan hidayah kepada hamba-Nya.Segala selawat,salam dan berkah semoga senantiasa
dilimpahkan kepada junjungan seluruh umat Nabi Muhammad Saw beserta keluarga,sahabat-sahabat
dan siapa saja yang selalu berusaha
melaksanakan Sunnahnya.
Ekonomi
mikro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang pembahasannya
menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu,baik individu seseorang,individu
rumah tangga atau individu perusahaan.Ilmu ekonomi mikro memberikan suatu metode kepada seseorang atau
suatu rumah tangga untuk mengelola sumberdaya ekonomi yang dimiliki agar dapat
dimanfaatkan secara efisien.
Makalah yang tersusun ini
merupakan salah satu tugas yang diembankan dengan tujuan mengkaji dan untuk mengetahui
lebih dalam tentang “Teori Permintaan Konsumen”.Penyusun menyadari bahwa keterbatasan itu milik segala hal.
Termasuk keterbatasan penyusun untuk menjadikan makalah ini lebih baik dari
yang telah ada, artinya makalah yang telah tersusun ini masih jauh dari
kesempurnaan.
Semoga makalah ini bermanfaat
bagi semua golongan dan mampu membangkitkan inspirasi, mengembangkan pengetahuan
kita semua .
Pamekasan 14 April
2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR .......................................................................................................
DAFTAR
ISI......................................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN..................................................................................................
A.
LatarBelakang...............................................................................................
B.
Rumusan Masalah.........................................................................................
C.
TujuanPenulisan............................................................................................
BAB II
PEMBAHASAN ..................................................................................................
A. Teoripermintaanperilakukonsumen..........................................................................
B. Teoriperilakukonsumen............................................................................................
C. Asumsidasarperilakukonsumen...............................................................................
D. Faktor-faktor yang
mempengaruhipermintaankonsumen........................................
BAB III PENUTUP............................................................................................................
A. Kesimpulan..................................................................................................
B. Saran............................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA .......................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Dalam kajian ekonomi secara
mikro, pembahasan didasarkan pada perilaku individu sebagai pelaku ekonomi yang
berperan menentukan tingkat harga dalam proses mekanisme pasar. Mekanisme pasar
itu sendiri adalah interaksi yang terjadi antara permintaan (demand) dari sisi
konsumen dan penawaran (supply) dari sisi produsen,sehingga harga yang
diciptakan merupakan perpaduan dari kekuatan masing-masing pihak tersebut. Oleh
karena itu, maka perilaku permintaan dan penawaran merupakan konsep dasar dari
kegiatan ekonomi yang lebih luas. “Permintaan dan penawaran adalah dua
kata yang paling sering digunakan oleh para ekonom, keduanya merupakan
kekuatan-kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja. Jika Anda ingin
mengetahui bagaimana kebijakan atau peristiwa akan mempengaruhi perekonomian,
terlebih dahulu Anda harus memikirkan pengaruh keduanya terhadap permintaan dan
penawaran.
B.
Rumusan Masalah
1. BagaimanaTeoripermintaanperilakukonsumen?
2. Apa yang dimaksudTeori perilaku konsumen?
3. BagaimanaAsumsi dasar perilaku konsumen?
4. ApaFaktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen?
C.
Tujuan Penulisan
1. Untukmengetahuiteoripermintaanperilakukonsumen
2. Untukmengetahuitentangteoriperilakukonsumen
3. Agar lebihmengetahuitentangAsumsi dasar perilaku konsumen?
4. Agar lebihmemahamitentangFaktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
konsumen?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Teori Permintaan Perilaku Konsumen
Dalam hal ini kita akan menganalisis mengenai
permintaan konsumen.Permintaan adalah salah satu aspek terpenting dari ekonomi
manajerial,karena perusahanan tidak akan ada dan berkembang jika permintaan
yang cukup akan hasil produksinya tidak ada atau tidak dapat diciptakan,atau
dengan kata lain,suatu perusahaan dapat memiliki teknik produksi yang paling
efisien dan manajemen yang sangat efektif,tetapi tanpa adanya permintaan yang
dapat menutup,paling tidak semua biaya produksi dan biaya penjualan dalam
jangka panjang,perusahaan tersebut tidak akan dapat bertahan
hidup.Sesungguhnya,banyak perusahaan yang mundur sesaat setelah mereka
bendiri,karena perkiraan mereka akan permintaan produknya gagal untuk
duwujudkan walaupun dengan iklan yang besar Setiap tahun,kita juga melihat
banyak perusahaan yang semula sudah kuat dan mempunyai banyak keuntungan, harus
menutup usahanya sebagai akibat dari pergeseran permintaan konsumen ke jenis
produk yang lain dari perusahaan yang berbeda.Oleh karena itu,permintaan
dikatakan sangat penting bagi penciptaan,kelangsungan hidup,dan profitabilitas
dari sebuah perusahaan.[1]
B.
Teori Perilaku Konsumen
Permintaan
individual konsumen terhadap suatu barang tidak terlepas dari perilaku konsumen
dalam mengkonsumsi barang tersebut.Dalam teori ekonomi,untuk mempelajari
perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat digunakan dua macam
pendekatan,yaitu pendekatan utilitas kardinal dan pendekatan utilitas ordinal.
Baik pendekatan utilitas kardinal maupun
pendekatan utilitas ordinal beranggapan bahwa seorang konsumen bersikap
rasional.Artinya dengan anggaran yang tersedia,seorang konsumen dalam
mengkonsumsi suatu barang selalu berusaha memperoleh kepuasan total(total
utility) yang maksimum dari barang yang dikonsumsinya.Atau dengan kata lain,seorang
konsumen selalu berusaha memaksimumkan kepuasan total yang diperoleh dari
barang yang dikonsumsinya dengan batas anggaran yang ada.
Di dalam analisis perilaku
konsumen dengan pendekatan kardinal menggunakan asumsi bahwa kepuasan seorang
konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat diukur dengan satu satuan
kepuasan(misalnya mata uang),setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi
akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah
tertentu.tambahan kepuasan yang diperoleh dari penambahan jumlah barang yang
dikonsumsi inidisebut kepuasan marginal(marginal utility).
Seorang konsumen berada pada
kondisi keseimbangan pada tingkat anggaran tertentu pada saat dia memperoleh
kepuasan maksimum dari mengkonsumsi suatu barang.Dari berbagai titik
keseimbangan konsumen yang terjadi pada berbagai tingkat harga.[2]
C.Asumsi Dasar Perilaku Konsumen
Teori tentang perilaku konsumen
dimulai dengan tiga asumsi dasar, asumsi-asumsi ini berlaku untuk banyak orang dalam
berbagai situasi:
·
Preferensilengkap: konsumen dapat
membandingkan dan menilai terhadap kebutuhan, preferensi ini mengabaikan biaya.
Seorang kosumen lebih suka bistik dari pada hamburger, tapi akan membeli
hamburger karena lebih murah.
·
Preferensi transitif:t ransitif
berarti bahwa seorang konsumen lebih suka membandingkan terhadap kebutuhan. Misalnya
jika sebuah rolls roice lebih disukai dari pada cadilac dan cadilac lebih disukai
dari pada cevrolet, maka rolls roice juga lebih disukai dari pada cevrolet.Transitifitas
ini merupakan hubungan yang normal karenanya perlu bagi rasionalitas consume.
·
Semua baranga dalah’’baik’’(yaitu barang
yang
diinginkan), sehingga dengan mengesampingkan biaya konsumen selalu menginginkan lebih banyak untuk setiap barang. Dalam hal ini biasanya kita mengabaikan hal-hal
yang buruk karena kebanyakan konsumen tidak akan memilih barang-barang yang
buruk untukdibelinya.[3]
D. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Permintaan konsumen
Manusia adalah makhluk
sosial yang dinamis,sehingga terjadi perubahan-perubahan yang dapat
mempengaruhi kebutuhan hidupnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan adalah :
a.
Harga barang itu sendiri
Naik turunya harga
barang atau jasa akan mempengaruhi banyak/setidaknya terhadap jumlah barang
yang diminta.
b.
Pendapatan masyarakat
Pendapatan
masyarakat mencerminkan daya beli masyarakat.Tinggi/rendahnya pendapatan
masyarakat akan mempengaruhi kualitas maupun kuantitas permintaan.
c.
Intensitas kebutuhan
Mendesak/tidaknya
atau penting tidaknya kebutuhan seseorang terhadap barang/jasa,mempengaruhi
jumlah permintaan.Kebutuhan primer,lebih penting dibanding kebutuhan
sekunder.Kebutuhan sekunder lebih penting dibanding tertier,sehingga
pengaruhnya terhadap jumlah permintaan berbeda.
d.
Distribusi pendapatan
Makin merata
pendapatan,maka jumlah permintaan semakin meningkat,sebaliknya pendapatan yang
hanya diterima/dinikmati oleh kelompok tertentu,maka secara keseluruhan jumlah
permintaan akan turun.
e.
Pertambahan Penduduk
Jumlah penduduk akan mempengaruhi jumlah
permintaan.Makin banyak penduduk,maka jumlah permintaan akan miningkat.
f.
Selera (Taste)
Perkrmbangan mode,pendidikan,lingkungan akan
mempengaruhi selera masyarakat,yang akan mempunyai pengaruh terhadap jumlah
permintaan.
g.
Barang pengga nti (substitusi)
Adanya barang pengganti akan berpengaruh terhadap
jumlah permintan.pada saat harga barang naik,jika ada barang pengganti maka
jumlah permintaan akan dipengaruhinya.[4]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Permintaan konsumen adalah salah satu aspek terpenting dari ekonomi manajerial, karena perusahaan tidak akan ada dan berkembang jika permintaan yang cukup akan hasil produksinya tidak ada atau tidak dapat diciptakan. Dalam teori ekonomi, untuk mempelajari perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat digunakan dua macam pendekatan, yaitupendekatanutilitaskardinaldanpendekatanutilitas
ordinal. Baik pendekatan utilitas kardinal maupun pendekat anutilitas ordinal
beranggapanbahwaseorangkonsumenbersikaprasional.Asumsidasarperilakukonsumenadatigayaitu:preferensilengkap,preferensitransitif,semuabarangadalahbaik.faktor-faktor
yang mempengaruhikonsumenadalah
:Hargabarangitusendiri,pendapatanmasyarakat,intensitaskebutuhan,distribusipendapatan,pertambahanpenduduk,selera,barangpengganti
B. Saran
Makalah ini jauhdari kata sempurna, sehingga banyak sekali kekurangan,
karenasejatinyakesempurnaanmilik Allah dankekuranganmilik kami
sebagaimakhluk-Nya.Olehkarenaitu kami mohonkritikdan saran yang
bersifatmembangun demi perbaikantugas kami selanjutnya.
Daftar Pustaka
Mahananinurcahyo.,ManagerialEconomics.Jakarta:GeloraAksara Pratama,2006
Sudarman Ari. EkonomiMakro-mikro.Yogyakarta: Bpfe 2006
SawitriDyah.EkonomiMikro.Yogyakarta: GrahaIlmu 2014
SuprayitnoEko.EkonomiMikroPerpsektifIslam.Malang:UIN MALANG PRESS 2008
[1]NurcahyoMahanani,Managerial Economics(Jakarta:GeloraAksaraPratama
2011),hlm 90
[2]Ari Sudarman,
EkonomiMakro-mikro(Yogyakarta: Bpfe 2006),hlm 1
[3]DyahSawitri,
EkonomiMikro(Yogyakarta: GrahaIlmu 2014)hlm, 2
[4]EkoSuprayitno,EkonomiMikroPerpsektif
Islam(Malang:UIN MALANG PRESS 2008),hlm 61-62
No comments:
Post a Comment