Standat Kompetensi lulusan adalah pedoman penilaian dalam penentuan
kelulusan peserta didik, yang meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran,
serta mencangkup aspek, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun standar
kompetensi lulusan pada jenjang dasar bertujuan untuk meletakkan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk
hidup mandiri dan pendidikan lebih lanjut.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Kata Pengantar
Kompetensi
Lulusan PAI dan SI PAI sangat penting terhadap peserta didik khusunya pada
tingkat SD karena dengan Standar Komptensi Lulusan PAI ini menentukan output
yang akan di hasilkan oleh lulusan yang nantinya dijadikan pedoman penilain
terhadap berhasil atau tidaknya pendidikan itu, serta diharapkan dengan adanya
standar kompetensi lulusan PAI ini dapat lebih terarahnya dalm pembuatan SI
PAI.
Adapun standar
isi PAI itu sangat berguna terhadap jalan menempuh standar kompetensi lulusan
PAI, tercapai atau tidaknya SKL PAI ini tergantung pada standar isi yang
ditetapkan. Jadi SKL dan SI PAI ini sangat berhubungan dan berjalan bersamaan
untuk menumbuhkembnagkan peserta didik kearah yang lebih baik dengan memiliki
pedoman keagamaan yang baik. Maka disini penulis membahas “ Analis Standar
Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI di SD” untuk bagaiman kita nnatinya bisa
menentukan apakah mata pelajaran yang digunakan di SD itu sudah sesuai buku
pegangannya dengan SKL PAI SD kelas I sampai VI dan juga SI (SK-KD) PAI kelas I
sampai VI, dan untuk memantapkan
pengetahuan dan pemahaman kita dalah materi tersebut.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa ruang lingkup materi pembelajaran PAI?
2.
Bagaimana standar kompetensi lulusan mata pelajaran (SKL-MP) PAI SD
Kelas I sampai VI?
3.
Bagaimana standar isi mata pelajaran (SK-KD) PAI SD Kelas I sampai
VI?
4.
Bagaiman analisis SKL dan SI (SK-KD) PAI dengan mata pelajaran SD
Kelas I sampai VI?
C.
Tujuan Masalah
1.
Mengetahui ruang lingkup materi pembelajaran PAI.
2.
Mengetahui standar kompetensi lulusan mata pelajaran (SKL-MP) PAI
SD Kelas I sampai VI.
3.
Mengetahui standar isi mata pelajaran (SK-KD) PAI SD Kelas I sampai
VI.
4.
Mengetahui analisis SKL dan SI (SK-KD) PAI dengan mata pelajaran SD
Kelas I sampai VI.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Ruang Lingkup Materi Pembelajaran PAI
Pendidikan Agama Islam bertujuan
untuk meningkatkan pemahaman tentang ajaran Islam, keterampilan
mempraktekkannya, dan meningkatkan pengamalan ajaran Islam itu dalam kehidupan
sehari-hari. Jadi secara ringkas dapat dikatakan bahwa tujuan utama Pendidikan
Agama Islam adalah keberagamaan, yaitu menjadi seorang Muslim dengan intensitas
keberagamaan yang penuh kesungguhan dan didasari oleh keimanan yang kuat.
Adapun menurut beberapa ahli menyatakan bahwa pendidikan agama
islam adalah suatu usaha bimbingan dan asuhan terhadap peserta didik agar
nantinya setelah selesai dari pendidikan
dapat memahami apa yang terkandung dalam islam secara keseluruhan, menghayati,
dan maksud serta tujuan dan pada akhirnya mengamalkannya.
Adapun ruang lingkup
pendidikan Agama Islam pada tingkat SD meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Al-Quran
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh
B.
Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP) PAI SD Kelas I
sampai VI
1. Pengertian Standar Kompetensi Lulusan
Standar kompetensi lulusan adalah pedoman penilaian dalam penentuan
kelulusan peserta didik, yang meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran,
serta mencangkup aspek, pengetahuan, dan keterampilan.
Adapun standar kompetensi lulusan pada jenjang dasar bertujuan untuk
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
ketrampilan untuk hidup mandiri dan pendidikan lebih lanjut.[1]
Adapun tujuan dari Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan
utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan,
standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar
pengelolaan, dan standar pembiayaan.[2]
Dalam penjelasan pasal 35 Undang-undang Nomor 20
Tahun 2003 disebutkan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi
kemampuan lulusan yang mencangkup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta
didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar.
Dalam lampiran peraturan menteri pendidikan
nasional nomor 23 tahun 2006 tanggal 23 mei 2006. Standar kompetensi lulusan
(SKL) yang meliputi:
a. SD/MI/SDLB/Paket A
b. SMP/MTs/SMPLB/Paket B
c. SMA/MA/SMALB/Paket C
d. SMK/MAK
Standar kompetensi lulusan satuan pendidikan dikembangkan berdasarkan tujuan
setiap satuan pendidikan, yaitu:Pendidikan dasar, yang meliputi SD/MI/SDLB/Paket A bertujuan meletakkan dasar
kecerdasan, pengethauan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.[3]
Adapun standar kompetensi lulusan satuan
pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1)
Menjalankan ajaran
agama yang di anut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
2)
Mengenal kekurangan
dan kelebihan diri sendiri.
3)
Mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya.
4)
Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sesuai ekonomi di lingkungan
sekitarnya.
5)
Menggunakan
informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis dan kreatif.
6)
Menunjukkan
kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatifdengan bimbingan pendidik.
2.
Standar Kompetensi Lulusan PAI SD Kelas I sampai VI
1.
Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek
dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah
sampai surat Al-‘Alaq.
2.
Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah
sampai iman kepada Qadha dan Qadar.
3.
Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari
perilaku tercela.
4.
Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah)
sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji.
5.
Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah
tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi.[4]
C.
Standar Isi Mata Pelajaran (SK-KD) PAI SD Kelas I sampai VI
1.
Pengertian Standar Isi
Standar isi
adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi
lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu, yang dituangkan dalam
kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata
pelajaran, dan silabus pembelajaran. Standar isi tersebut memuat kerangka dasar
dan struktur kurikum, beban belajar, KTSP, dan kalender pendidikan atau
akademik.[5]
Peraturan pemerintah
nomor 19 tahun 2005, mengenai standar isi yang secara keseluruhan mencangkup:
a.
Kerangka dasar dan
stuktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada
tingkat satuan pendidikan.
b.
Beban belajar bagi
peserta didik pada satuan pendidikan dasar.
c.
Kurikulum satuan
tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan penddikan
berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari
standar isi.
d.
Kalender pendidikan
untuk menyelenggarakan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan
dasar.[6]
Kelas I semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an surat
pendek pilihan
|
1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Menghafal QS
Al-Fatihah dengan lancar
|
Aqidah
2. Mengenal Rukun
Iman
|
2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-
Nya
2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam
Rukun Iman
|
Ahlak
3. Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1 Membiasakan perilaku jujur
3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan
perilaku disiplin
|
Fiqih
4. Mengenal tatacara bersuci
(thaharah)
|
4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
4.2 Mencontoh
tatacara bersuci
|
5. Mengenal Rukun Islam
|
5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal Rukun Islam.[7]
|
Kelas I Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
6. Menghafal Al Qur’an suratsurat
pendek pilihan
|
6.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Menghafal QS
Al-‘Ashr dengan lancar
|
Aqidah
7. Mengenal dua kalimat
Syahadat
|
7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2 Menghafal dua kalimat syahadat
7.3 Mengartikan dua
kalimat syahadat
|
Akhlak
8. Membiasakan
perilaku terpuji
|
8.1 Menampilkan perilaku rajin
8.2 Menampilkan perilaku tolong-menolong
8.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
8.4 Menampilkan adab makan dan minum
8.5 Menampilkan adab
belajar
|
Fiqih
9. Membiasakan bersuci
(thaharah)
|
9.1 Menyebutkan tata cara berwudlu
9.2 Mempraktekkan
tata cara berwudlu[8]
|
Materi
PAI kelas I semester 2
Bab
1 Surah Alfatihah
A.
Melafalkan Surah Al-Fatihah
B.
Al-Fatihah Wajib Dibaca Saat Shalat
Bab
2 Rukun Iman
A.
Ciptaan Allah
B.
Rukun Iman
Bab
3 Jujur, Tanggung Jawab, Hidup Bersih, dan Disiplin
A.
Jujur
B.
Tanggung Jawab
C.
Hidup Bersih
D.
Disiplin
Bab
4 Bersuci (Thaharah)
A.
Arti Bersuci
B.
Alat Bersuci
C.
Tata Cara Bersuci
Bab
5 Rukun Islam
A.
Menyebutkan Rukun Islam
B.
Arti dan Penjelasan Rukun Islam
Materi
PAI kelas I semester 2
Bab
6 Surah Al-Kausar/108, An-Nasr/110, dan Al-‘Asr/103
A.
Surah Al-Kausar/108
B.
An-Nasr/110
C.
Al-‘Asr/103
Bab
7 Dua Kalimah Syahadat
A.
Pengertian Syahadat
B.
Melafalakan dan Menghafalkan Syahadat
C.
Mwngartikan Syahadat
Bab
8 Sifat-sifat Terpuji
A.
Rajin
B.
Tolong Menolong
C.
Hormat Kepada Orang Tua
Bab
9 Berwudhu
A.
Tata Cara Berwudhu
B.
Batalnya Wudhu[9]
Kelas II Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
1. Menghafal Al
Qur’an
|
1.1 Mengenal huruf Hijaiyah
1.2 Mengenal tanda
baca (harakat)
|
Aqidah
2. Mengenal Asmaul
Husna
|
2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
2.2 Mengartikan lima
dari Asmaul Husna
|
Akhlak
3. Mencontoh
perilaku terpuji
|
3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana
3.3 Menampilkan adab
buang air besar dan kecil
|
Fiqih
4. Mengenal tatacara
wudhu
|
4.1 Membiasakan wudhu dengan tertib
4.2
Membaca do’a setelah berwudlu
|
5. Menghafal bacaan shalat
|
5.1 Melafalkan bacaan shalat
5.2 Menghafal bacaan shalat[10]
|
Kelas II Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
6. Membaca Al Qur’an surat
pendek pilihan
|
6.1 Membaca huruf hijaiyah bersambung
6.2 Menulis huruf
hijaiyah bersambung
|
Aqidah
7. Mengenal Asmaul
Husna
|
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan lima
dari Asmaul Husna
|
Akhlak
8. Membiasakan perilaku
Terpuji
|
8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada
guru
8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada
tetangga
|
Fiqih
9. Membiasakan shalat secara
Tertib
|
9.1 Mencontoh gerakan shalat
9.2 Mempraktekkan
shalat secara tertib[11]
|
Materi
PAI kelas II semester 1
Bab
1 Mengenal Huruf Al-Qur’an
A.
Huruf Hijaiyah
B.
Tanda Baca (Harakat)
C.
Mengenal Surah Pendek dalam Al-Qur’an
Bab
2 Asmaul Husna
A.
Pengertian Asmaul Husna
B.
Menyebutkan Lima Asmaul Husna
C.
Mengartikan Lima Asmaul Husna
Bab
3 Sikap Rendah Hati dan Hidup Sederhana serta Adab Buang Air
A.
Rendah Hati
B.
Hidup Sederhana
C.
Adab Buang Air
Bab
4 Berwudhu
A.
Tata Cara Berwudhu
B.
Rukun Wudhu
C.
Doa Setelah Berwudhu
Bab
5 Bacaan Salat
A.
Arti Salat
B.
Bacaan Salat
Materi
PAI kelas II semester 2
Bab
6 Membaca Surah Pendek
A.
Membaca Huruf Hijaiyah Bersambung
B.
Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung
Bab
7 Mengenal Asmaul Husna
A.
As-Salam
B.
Al-Khaliq
C.
Al-Wahhab
D.
Ar-Razzaq
E.
Al-Hamid
Bab
8 Hormat dan Santun terhadap Guru dan Tetangga
A.
Menghormayi Guru
B.
Menghormati Tetangga
Bab
9 Gerakan Salat
A.
Gerakan Salat
B.
Urutan Gerakan Salat[12]
Kelas III Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
1. Mengenal kalimat dalam Al
Qur’an
|
1.1 Membaca kalimat dalam Al Qur’an
1.2 Menulis kalimat
dalam Al Qur’an
|
Aqidah
2. Mengenal sifat
wajib Allah
|
2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan lima
sifat wajib Allah
|
Akhlak
3. Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1 Menampilkan perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan perilaku tekun
3.3 Menampilkan
perilaku hemat
|
Fiqih
4. Melaksanakan shalat dengan
Tertib
|
4.1 Menghafal bacaan shalat
4.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan Shalat[13]
|
Kelas III Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
5. Mengenal
ayat-ayat Al Qur’an
|
5.1 Membaca huruf Al Qur’an
5.2 Menulis huruf Al
Qur’an
|
Aqidah
6. Mengenal sifat
mustahil Allah
|
6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
6.2 Mengartikan
sifat mustahil Allah SWT
|
Akhlak
7. Membiasakan
perilaku terpuji
|
7.1 Menampilkan perilaku setia kawan
7.2 Menampilkan perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan
7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap
lingkungan
|
Fiqih
8. Melakukan shalat
fardhu
|
8.1 Menyebutkan shalat fardhu
8.2 Mempraktikkan
shalat fardhu[14]
|
Materi
PAI kelas III semester 1
Bab
1 Mengenal Kalimat dalam Al-Qur’an
A.
Membaca Kalimat dalam Al-Qur’an
B.
Menulis Kalimat dalam Al-Qur’an
Bab
2 Mengenal Sifat Wajib Allah
A.
Menyebutkan Lima Sifat Wajib Allah
B.
Mengartikan Lima Sifat Wajib Allah
Bab
3 Membiaskan Perilaku Terpuji
A.
Menampilkan Perilaku Percaya Diri
B.
Menampilkan Perilaku Tekun
C.
Menampilkan Perilaku Hemat
Bab
4 Melaksanakan Shalat dengan Tertib
A.
Menghafal Bacaan Shalat
B.
Menampilkan Keserasian Gerakan dan Bacaan Shalat
Materi
PAI kelas III semester 2
Bab
5 Mengenal Ayat-ayat Al-Qur’an
A.
Membaca Huruf Al-Qur’an
B.
Menulis Huruf Al-Qur’an
Bab
6 Mengenal Sifat Mustahil Allah SWT
A.
Menyebutkan Sifat Mustahil Allah SWT
B.
Mengartikan Sifat Mustahil Allah SWT
Bab
7 membiasakan Perilaku Terpuji
A.
Menampilkan Perilaku Setia Kawan
B.
Menampilkan Perilaku Kerja Keras
C.
Menampilkan Perilaku Penyayang Terhadap Hewan
D.
Menampilkan Perilaku Penyayang Terhadap Lingkungan
Bab
8 Melakukan ShalatFardhu
A.
Menyebutkan Shalat Fardhu
B.
Mempratikkan Shalat Fardhu[15]
Kelas IV Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
1. Membaca surat-surat Al
Qur’an
|
1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS
Al-Ikhlas dengan lancar
|
Aqidah
2. Mengenal sifat jaiz Allah
SWT
|
2.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2 Mengartikan
sifat jaiz Allah SWT
|
Tarikh
3. Menceritakan
kisah Nabi
|
3.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad
SAW
3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
|
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
|
Fiqih
5. Mengenal ketentuan-ketentuan
Shalat
|
5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat[16]
|
Kelas IV Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
6. Membaca
surat-surat Al Qur’an
|
6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS
Al-‘Ashr dengan lancar
|
Aqidah
7. Mengenal Malaikat dan
Tugasnya
|
7.1 Menjelaskan pengertian Malaikat
7.2 Menyebutkan nama-nama Malaikat
7.3 Menyebutkan
tugas-tugas Malaikat
|
Tarikh
8. Menceritakan
kisah Nabi
|
8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
8.2 Menceritakan
kisah Nabi Ismail AS
|
Akhlak
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2 Meneladani Nabi
Ismail AS
|
Fiqih
10. Melaksanakan dzikir dan do’a
|
10.1 Melakukan dzikir setelah shalat
10.2 Membaca do’a setelah shalat[17]
|
Materi
PAI kelas IVsemester 1
Bab
1 Surah Alfatihah dan Surah Al-Ikhlas
A.
Surah Al-Fatihah
B.
Surah Al-Ikhlas
Bab
2 Sifat Jais Bagi Allah SWT
A.
Menyebutkan Sifat Jaiz Bagi Allah SWT
B.
Mengartikan Sifat Jaiz bagi Allah SWT
Bab
3 Kisah Nabi Adam a.s dan Nabi Nabi Muhammad saw
A.
Kisah Nabi adam a.s
B.
Kisah Kelahiran Nabi Muhammad saw
C.
Masa Kanak-kanak Nabi Muhammad saw
Bab
4 Perilaku Terpuji Nabi Adam a.s dan Nabi Muhammad saw
A.
Perilaku tobat
B.
Perilaku Terpuji Nabi Muhammad saw pada Masa Kank-kanak
C.
Meneladani Perilaku Kanak-kanak Nabi Muhammad saw
Bab
5 Salat
A.
Rukun Salat
B.
Sunah-sunah Salat
C.
Syarat Sah dan Syarat Wajib Salat
D.
Hal-hal yang Membatalkan Salat
E.
Praktik Salat Wajib
Materi
PAI kelas IV semester 2
Bab
6 Surah Al-Kautsar/108, An-Nasr/110, dan Al-Asr/103
A.
Surah Al-Kautsar/108
B.
Surah An-Nasr/110
C.
Surah Al-Asr/103
Bab
7 Iman kepada Malaikat
A.
Pengertian Malaikat
B.
Nama-nama Malaikat
C.
Tugas-tugas Malaikat
Bab
8 Kisah Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s
A.
Kisah Nabi Ibrahim a.s
B.
Nabi Ismail a.s
C.
Kisah Ketaatan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s
Bab
9 Perilaku Terpuji Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s
A.
Meneladani Perilaku Nabi Ibrahim
B.
Meneladani Nabi Ismail a.s
Bab
10 Zikir dan Doa
A.
Pengertian Zikir
B.
Berzikir Seusai Salat
C.
Tata Cara Berzikir dan Berdoa[18]
Kelas V Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an surat
pendek
pilihan
|
1.1 Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2 Mengartikan QS
Al-Lahab dan Al-Kafirun
|
Aqidah
2. Mengenal kitab-kitab Allah
SWT
|
2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima
kitab-kitab Allah SWT
2.3 Menjelaskan
Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
|
Tarikh
3. Menceritakan
kisah Nabi
|
3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa AS
3.3 Menceritakan
kisah Nabi Isa AS
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS
4.3 Meneladani
perilaku Nabi Isa AS
|
Fiqih
5. Mengumandangkan adzan dan
Iqamah
|
5.1 Melafalkan lafal adzan dan iqamah
5.2 Mengumandangkan adzan dan iqamah[19]
|
Kelas V Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
6. Mengartikan Al Quran Surat
pendek pilihan
|
6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS
Al-Maun dan Al-Fiil
|
Aqidah
7. Mengenal Rasul- Rasul Allah
SWT
|
7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari
para Rasul
7.3 Membedakan Nabi
dan Rasul
|
Tarikh
8. Menceritakan kisah Sahabat
Nabi
|
8.1 Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA
8.2 Menceritakan
kisah Umar bin Khattab RA
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku
terpuji
|
9.1 Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2 Meneladani
perilaku Umar bin Khattab RA
|
Fiqih
10. Mengenal puasa wajib
|
10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa
Ramadhan
10.2 Menyebutkan hikmah puasa[20]
|
Materi
PAI kelas V semester 1
Bab 1
Surah Al-Lahab/111 dan Al-Kafirun/109
A.
Surah Al-Lahab/111
B.
Surah Al-Kafirun/109
Bab
2 Iman kepada Kitab-kitab Allah
A.
Arti Iman Kepada Kitab-kitab Allah
B.
Kitab Taurat
C.
Kitab Zabur
D.
Kitab Injil
E.
Kitab Suci Al-quran
Bab
3 Kisah Nabi Ayyub a.s Nabi Musa a.s, dan Nabi Isa a.s
A.
Kisah Nabi Ayyub a.s
B.
Kisah Nabi Musa a.s
C.
Kisah Nabi Isa a.s
Bab
4 Membiasakan Perilaku Terpuji
A.
Meneladani Perilaku Nabi Ayyub
B.
Meneladani Perilaku Nabi Musa a.s
C.
Meneladani Perilaku Nabi Isa a.s
Bab
5 Azan dan Iqamah
A.
Azan
B.
Iqamah
C.
Hal-hal yang harus Diperhatikan oleh Muazin
Materi
PAI kelas V semester 2
Bab
6 Surah Al-Ma’un/107 dan Al-Fil/ 105
A.
Surah Al-Ma’un/107
B.
Surah Al-Fil/ 105
Bab
7 Iman kepada Rasul-rasul Allah
A.
Pengertian Nabi dan Rasul
B.
Sufat-sifat Nabi dan Rasul
Bab
8 Menceritakan Kisah Sahabat Nabi
A.
Kisah Abu Bakar As Siddiq
B.
Kisah Umar Bin Khattab
Bab
9 Membiasakan Perilaku Terpuji
A.
Meneladani Perilaku Abu Bakar As Siddiq
B.
Meneladani Perilaku Umar Bin Khattab
Bab
10 Puasa Ramadhan
A.
Pengertian Puas
B.
Ketentuan Puasa[21]
Kelas VI Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an Surat
pendek pilihan
|
1.1 Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2 Mengartikan QS
Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
|
Aqidah
2. Meyakini adanya
Hari Akhir
|
2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan
tanda-tanda Hari Akhir
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah
Al Kadzab
|
3.1 Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2 Menceritakan
perilaku Musailamah Al Kadzab
|
Akhlak
4. Menghindari
perilaku tercela
|
4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab
dan Abu Jahal
4.2 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah
Al Kadzab
|
Fiqih
5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan
|
5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
5.2 Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an[22]
|
Kelas VI Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Al Qur’an
6. MengartikanAl Quran Ayat -ayat pilihan
|
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat
13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat
ayat 13
|
Aqidah
7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar
|
7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
7.2 Menunjukkan
keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
|
Tarikh
8. Menceritakan kisah kaum
Muhajirin dan kaum
Anshar
|
8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
8.2 Menceritakan
perjuangan kaum Anshar
|
Akhlak
9. Membiasakan
perilaku terpuji
|
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum
Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
9.2 Meneladani perilaku tolong-menolong kaum
Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
Fiqih
10. Mengetahui kewajiban zakat
|
10.1 Menyebutkan macam-macam zakat
10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah[23]
|
Materi
PAI kelas VI semester 1
Bab
1 Surah Al-Qadar dan Surah Al-‘Alaq
A.
Surah Al-Qadar/97:1-5
B.
Surah Al-‘Alaq/96:1-5
Bab
2 Hari Akhir
A.
Pengertian Hari Akhir
B.
Nama-nama Lain Hari Akhir
C.
Tanda-tanda Hari Akhir
Bab
3 Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al-Kazzab
A.
Abu Lahab
B.
Abu Jahal
C.
Musailamah Al-Kazzab
Bab
4 Perilaku Tercela
A.
Menghindari Perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
B.
Perilaku Bohong Seperti Musailamah Al-Kazzab
Bab
5 Ibadah Bulan Ramadhan
A.
Salat Tarawih
B.
Tadarus Al-Qur’an
Materi
PAI kelas VI semester 2
Bab
6 Surah Al-Ma’idah Ayat 3 dan Al-Hujurat Ayat 13
A.
Surah Al-Ma’idah/5 Ayat 3
B.
Surah Al-Hujurat/49 Ayat 13
Bab
7 Qada dan Qadar
A.
Pengertian Qada dan Qadar
B.
Meyakini Qada dan Qadar
Bab
8 Kisah Kaum Muhajirin dan Kaum Ansar
A.
Kaum Muhajirin
B.
Kaum Ansar
Bab
9 Perilaku Terpuji
A.
Kegigihan Berjuang Kaum Muhajirin
B.
Meneladani Kaum Muhajirin
C.
Tolong Menolong Kaum Ansar
D.
Meneladani Kaum Ansar
Bab
10 Zakat
A.
Pengertian Zakat
B.
Macam-macam Zakat
C.
Mempraktikan Zakat Fitrah
D.
Hikmah Berzakat[24]
D. Analisis SKL dan SI (SK-KD) PAI dengan Mata Pelajaran SD Kelas I
sampai VI
Adapun hasil
sinkronisasi antara SKL PAI SD dengan buku pegangan siswa SD setelah kami
merumuskan dan mendiskripsikannya maka hasilnya seperti ini:
1.
Rumusan SKL PAI mata pelajaran pada Al-Qur’an pada kelas I sampai
VI sudah mengalami sinkronisasi dengan SKL PAI SD kelas I sampai VI.
2.
Pada aspek aqidah juga sudah mengalami sinkronisasi dengan SKL yang
ada.
3.
Pada Aspek akhlak sudah mengalami sinkronisasi dari kelas I sampai
dengan kelas VI akan tetapi pad akelas I semester 1 dan 2 sampai dengan kelas
VI semester 1 hanya membahas masalah akhlak terpuji, padahala didalam SKL-nya
pada aspek akhlak adalah “Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta
menghindari perilaku tercela.” Hanya saja pada kelas VI di semester 2 saja yang
mempelajari tentang akhlak tercela. Jadi bisa penulisperkirakan dalam
prosentase bahwa pada aspek akhlak terdapat 90% mata pelajran yang membahas
akhlak terpuji. Sedangkan mata pelajaran yang membahas akhlak tercela hanya 10%
saja. Bisa dikatakan disini hampir pada semua kelas tidak membahasa akhlak
terpuji.
4.
Pada aspek fiqih semua mata pelajaran pada pegangan siswa sudah
sinkron dengan SKL PAI SD kelas I sampai
VI.
5.
Pada aspek tarikh disini pada kelas I sampai III dalam mata
pelajaran PAI SD pada buku pegangan siswa tidak ada yang membahas masalah aspek
tarikh. Adapun padA kelas IV sampai VI ini membahas aspek tarikh dan ketiga
kelas tadi sudah sinkron dengan SKL PAI SD yang berlaku.
Adapun hasil uji sinkronisasi pada SI (SK-KD) PAI pada mata
pelajaran PAI dalam buku pegangan siswa, dapat penulis rumuskan sebagai
berikut:
1.
Pada SI aspek Al-Qur’an sudah sinkron dengan materi ajar PAI SD
kelas I sampai VI. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku kepada mata pelajaran
kelas I semester 1 yang hanya saja kurang satu materi yakni mengahafal yang
tidak ada.
2.
Pada SI aspek Aqidah sudah sinkron dengan materi ajar PAI SD kelas
I sampai VI.
3.
Pada SI aspek Akhlak sudah sinkron dengan materi ajar PAI SD kelas
I sampai VI.
4.
Pada SI aspek fiqih sudah sinkron dengan materi ajar PAI SD kelas I
sampai VI.
5.
Pada SI aspek Tarikh ini pada kelas I sampai III tidak ada mata
pelajran Tarikh si SD. Adapun pada kelas IV sampai VI memnahas aspek tarikh
pada mata pelajran yang menjadi pegangan siswa
dan sudah sinkron dengan SI PAI SD.
DAFTAR RUJUKAN
Achmad, Suparno. Himah Pendidikan Agama Islam kelas 1 SD.
Jogjakarta:Yudhistira,2013.
Achmad, Suparno. Himah Pendidikan Agama Islam kelas 2 SD.
Jogjakarta:Yudhistira,2013.
Achmad, Suparno. Himah Pendidikan Agama Islam kelas 3 SD.
Jogjakarta:Yudhistira,2013.
Achmad, Suparno. Himah Pendidikan Agama Islam kelas 4 SD.
Jogjakarta:Yudhistira,2013.
Achmad, Suparno. Himah Pendidikan Agama Islam kelas 5 SD.
Jogjakarta:Yudhistira,2013.
Achmad,
Suparno. Himah Pendidikan Agama Islam kelas 6 SD.
Jogjakarta:Yudhistira,2013.
Haryati, Mimin. Model dan Teknik
Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
Haryati, Nik. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: ALFABETA, 2011.
Mulyasa, E. Kurikulum
KTSP Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Peraturan
Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006
Peraturan
Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006.
[1] E.
Mulyasa, Kurikulum KTSP Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah(Jakarta: PT
Bumi Aksara, 2009)hlm, 26-27.
[2] Peraturan
Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006.
[3]Mimin
Haryati, Model dan Teknik Penilaian pada
Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008) hlm.266
[4]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006.
[7] Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22
tahun 2006.
[8]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[9]
Suparno Achmad, Himah Pendidikan Agama Islam kelas 1 SD (Jogjakarta:Yudhistira,2013)
,hlm.v-vi.
[10]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[11]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[12] Suparno Achmad, Himah Pendidikan Agama Islam kelas 2 SD (Jogjakarta:Yudhistira,2013)
,hlm.v-vi.
[13]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[14]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[15] Suparno Achmad, Himah Pendidikan Agama Islam kelas 3 SD (Jogjakarta:Yudhistira,2013)
,hlm.v-vi.
[16]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[17]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[19]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[20]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006.
[21] Suparno Achmad, Himah Pendidikan Agama Islam kelas 5 SD (Jogjakarta:Yudhistira,2013)
,hlm.v-vi.
[22]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006
[23]
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006
[24] Suparno Achmad, Himah Pendidikan Agama Islam kelas 6 SD (Jogjakarta:Yudhistira,2013)
,hlm.v-vi.