Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Analisis Standar Kompetensi Lulusan dan Standar isi PAI di SMP

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.  Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan bacaan anda pada makalah dibawah ini.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pada makalah ini akan dibahas mengenai SKL dan SI Pendidikan Agama Islam di SMP, yang mana dalam SI terdapat Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Kami juga akan menganalisis SKL dan SI PAI di SMP, apakah sudah sinkron dengan buku-buku teks PAI pegangan siswa SMP.

B.     Rumusan Masalah
      1.      Apa saja tujuan dan ruang lingkup PAI?
      2.      Apa saja yang menjadi standar kompetensi lulusan PAI di SMP?
      3.      Apa saja yang menjadi standar isi PAI di SMP?
      4.      Bagaimana hasil analisis SKL dan SI PAI di SMP?

C.    Tujuan
      1.      Untuk mengetahui tujuan dan ruang lingkup PAI.
      2.      Untuk mengetahui standar kompetensi lulusan PAI di SMP.
      3.      Untuk mengetahui standar isi PAI di SMP.
      4.      Untuk mengetahui hasil analisis SKL dan SI PAI di SMP.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tujuan dan Ruang Lingkup PAI
Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk:
     1.      Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
    2.      Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
      1.      Al Qur’an dan Hadits
      2.      Aqidah
      3.      Akhlak
      4.      Fiqih
      5.      Tarikh dan Kebudayaan Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

B.     Standar Kompetensi Lulusan PAI di SMP
Standar Kompetensi Lulusan PAI di SMP antara lain sebagai berikut:
     1.      Al-Qur’an Hadits: Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”-Syamsiyah dan “Al”-Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
     2.      Aqidah: Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna.
    3.  Akhlak: Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah.
     4.      Fiqih: Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.
    5.      Tarikh dan Kebudayaan Islam: Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara.[1]

C.    Standar Isi PAI di SMP
Adapun Standar Isi PAI di SMP akan dijelaskan pada masing-masing kelas dan semester sebagai berikut:[2]
Kelas VII, Semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al-Qur’an Hadits
1.      Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.

1.1 Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah.
1.3  Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Aqidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya.

1.1  Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah.
1.2  Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT.
1.3  Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT.
1.4  Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT.
2.      Memahami Asmaul Husna.
2.1  Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
2.2  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna.
Akhlak
1.      Membiasakan perilaku terpuji.

1.1  Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar.
1.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qona’ah, dan sabar.
Fiqih
1.      Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci).

1.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib.
1.2 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis.
2.      Memahami tata cara shalat.
2.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.
2.2 Memperaktikkan shalat wajib.
3.      Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri).

3.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid.
3.2 Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid.

Tarikh dan kebudayaan Islam
1.      Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW.

1.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW.
1.2 Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa.

Kelas VII, Semester II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al-Qur’an Hadits
1.      Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.

1.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
1.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
1.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Aqidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
                 
1.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
1.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
Akhlak
1.      Membiasakan perilaku Terpuji.

1.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
1.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
1.3 Membiasakan perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti.
Fiqih
1.      Memahami tatacara shalat Jum’at.

1.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat jum’at.
1.2 Mempraktekkan shalat jum’at.
2.      Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar.
2.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qashar.
2.2 Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar.
Tarikh dan Kebudayaan Islam
1.      Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW.

1.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
1.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
1.3 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.



Adapun materi-materi yang terdapat pada buku teks PAI untuk SMP  kelas VII ialah sebagai berikut:
Bab 1:   Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya. Di dalamnya terdapat pembahasan Iman kepada Allah Swt. dan Al-Asmau al-Husna.
Bab 2:   Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah.
Bab 3:   Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman. Di dalamnya terdapat pembahasan Thaharah.
Bab 4:   Indahnya Kebersamaan dengan Berjamaah. Di dalamnya membahas mengenai shalat berjamaah.
Bab 5:   Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah Swt. di dalamnya membahas sejarah keRasulan Nabi Muhammad beserta kisah Dakwah beliau.
Bab 6:   Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah. Di dalamnya membahas ayat al-Qur’an dan Hadits Nabi terkait ilmu pengetahuan, serta membahas hukum bacaan panjang/mad.
Bab 7:   Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt. Di dalamnya membahas iman kepada Malaikat, nama, dan tugas Malaikat.
Bab 8:   Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah. Di dalamnya membahas pengertian berempati, hormat kepada orang tua dan guru.
Bab 9:   Memupuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu. Di dalamnya membahas tentang Shalat Jum’at.
Bab 10: Islam Memberikan Kemudahan Melalui Shalat Jama’ dan Qasar.
Bab 11: Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan. Di dalamnya membahas tentang perjalanan Hijrah Rasulullah.
Bab 12: Al-Khulafau Ar-Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw. Di dalamnya membahas tentang kisah para khulafaur rasyidin.
Bab 13: Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf. Di dalamnya membahas ayat al-Qur’an dan Hadits Nabi terkait sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, serta membahas hukum bacaan nun sukun/tanwin. [3]
Kelas VIII, Semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al-Qur’an Hadits
1.      Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra’.

1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra’.
1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra’ dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Aqidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.

1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah.
1.2 Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul.
1.3 Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.
Akhlak
1.      Membiasakan perilaku Terpuji.

1.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal.
1.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakkal.
1.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menghindari perilaku Tercela.
2.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
2.2 Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
2.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
Fiqih
1.      Mengenal tatacara shalat Sunnat.

1.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.
1.2 Memperaktikkan shalat sunnat rawatib.
2.      Memahami macam-macam sujud.
2.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
2.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
2.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
3.      Memahami tata cara puasa.
3.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib.
3.2 Memperaktekkan puasa wajib.
3.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
3.4 Memperaktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
4.      Memahami zakat.
4.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.
4.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.
4.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.
4.4 Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
Tarikh dan Kebudayaan Islam
1.      Memahami Sejarah Nabi

1.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
1.2 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah.

Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al-Qur’an Hadits
1.      Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.

1.1 Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf.
1.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an.
1.3 Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an.
Aqidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah.

1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
1.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.
1.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.
Akhlak
1.      Membiasakan perilaku terpuji.

1.1 Menjelaskan adab makan dan minum.
1.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.
1.3 Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menghindari Perilaku Tercela.
2.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.
2.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.
2.3 Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.
Fiqih
1.      Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.

1.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
1.2 Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
Tarikh dan Kebudayaan Islam
1.      Memahami sejarah dakwah Islam.

1.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.
1.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.

Adapun materi-materi yang terdapat pada buku teks PAI untuk SMP  kelas VIII ialah sebagai berikut:
Bab 1:        Meyakini kitab-kitab Allah, mencintai al-Qur’an.
Bab 2:        Lebih dekat kepada Allah dengan mengamalkan salat sunnah.
Bab 3:        Jiwa lebih tenang dengan banyak melakukan sujud.
Bab 4:        Ibadah puasa membentuk pribadi yang bertakwa.
Bab 5:        Pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayyah.
Bab 6:        Rendah hati, hemat, dan sederhana membuat hidup lebih mulia.
Bab 7:        Meneladani kemuliaan dan kejujuran para Rasul Allah.
Bab 8:        Mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram.
Bab 9:        Pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.
Bab 10:      Hidup sehat dengan makanan dan minuman yang halal serta bergizi. Di dalamnya juga membahas ayat-ayat Al-Qur’an tentang makanan dan minuman yang halal, serta mengenai hukum bacaan mim sukun.
Bab 11:      Menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran.[4]
Kelas, IX Semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al-Qur’an dan Al-Hadits
1.      Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin.

1.1 Membaca QS At-Tin dengan tartil
1.2 Menyebutkan arti QS At-Tin
1.3 Menjelaskan makna QS At-Tin
2.      Memahami Ajaran Al-Hadits tentang menuntut ilmu.
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu.
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut ilmu.
2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits.
Aqidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir.

1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir.
1.2 Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir.
1.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits.
Akhlak
1.      Membiasakan perilaku terpuji.

1.1 Menjelaskan pengertian qana’ah dan tasamuh.
1.2 Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh.
1.3 Membiasakan perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Fiqih
1.      Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan.

1.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.
1.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah  dan qurban.
1.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
2.      Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah.
2.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
2.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Tarikh dan Kebudayaan Islam
1.      Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.

1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al-Qur’an dan Al Hadits
1.      Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah.

1.1 Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar.
1.2 Menyebutkan arti QS Al-Insyirah.
1.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS Al-Insyirah.
2.      Memahami Ajaran Al-Hadits tentang kebersihan.
2.1 Membaca hadits tentang kebersihan.
2.2 Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan.
2.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits.
Aqidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar.

1.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar.
1.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadhar.
1.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari.
1.4 Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.
Akhlak
1.      Menghindari perilaku tercela.

1.1 Menyebutkan pengertian takabbur
1.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabbur.
1.3 Menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari.
Fiqih
1.      Memahami tatacara berbagai shalat sunnah.

1.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid.
1.2 Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid.
1.3 Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
Tarikh dan Kebudayaan Islam
1.      Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.

1.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
1.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.

Adapun materi-materi yang terdapat pada buku teks PAI untuk SMP  kelas IX ialah sebagai berikut:
Bab 1:        Meyakini hari akhir, mengakhiri kebiasaan buruk.
Bab 2:        Menatap masa depan dengan optimis, ikhtiar, dan tawakal.
Bab 3:        Mengasah pribadi yang unggul dengan jujur, santun , dan malu.
Bab 4:        Akikah dan Kurban menumbuhkan kepedulian umat.
Bab 5:        Kehadiran Islam mendamaikan bumi nusantara. Di dalamnya membahas masuknya islam ke Indonesia dan kerajaan-kerajaan islam di Indonesia.
Bab 6:        Meraih kesuksesan dengan optimis, ikhtiar dan tawakkal. Di dalamnya membahas tentang ayat-ayat dalam Al-Qur’an tentang optimis, ikhtiar dan tawakka, serta membahas mengenai hukum bacaan tafkhim dan tarqiq.
Bab 7:        Beriman kepada qada’ dan qadar berbuah ketenangan hati.
Bab 8:        Damaikan negeri dengan ketenangan hati.
Bab 9:        Menuai keberkahan dengan rasa hormat, taat kepada orang tua dan guru.
Bab 10:      Dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umrah.
Bab 11:      Menelusuri tradisi islam di Nusantara.
Bab 12:      Menyuburkan kebersamaan dengan toleransi dan menghargai perbedaan. Di dalamnya membahas ayat-ayat Al-Qur’an tentang toleransi dan menghargai perbedaan, serta membahas tentang tanda waqaf.[5]

D.      Analisis SKL dan SI PAI di SMP
Setelah kami mendeskripsikan mengenai SKL dan SI (SK-SD) mata pelajaran PAI mulai dari kelas VII semester 1 sampai dengan kelas IX semester 2, ada beberapa hal yang kami temukan, yaitu sebagai berikut:
1.      Rumusan SKL mata pelajaran PAI pada spek Al-Qur’an Hadits lebih menonjolkan aspek al-Qur’an dan mengabaikan hadits, padahal di dalam SK dan KD terdapat pelajaran hadits pada kelas IX semester 1 dan 2.
2.      Rumusan SKL mata pelajaran PAI pada aspek Aqidah sudah sesuai dengan SK dan KD yang diterapkan baik di kelas VII, VIII, maupun IX.
3.      Rumusan SKL mata pelajaran PAI pada aspek Akhlak sudah sesuai dengan SK dan KD yang diterapkan baik di kelas VII, VIII, maupun IX.
4.      Rumusan SKL mata pelajaran PAI pada aspek fiqh adalah “Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat”. Sedangkan di dalam SK dan KD-nya juga memuat ajaran puasa, zakat, haji dan umrah, serta penyembelihan hewan. Ini menunjukkan bahwa tidak ada sinkronisasi antara SKL dengan SI (SK dan KD).
5.      Rumusan SKL mata pelajaran PAI pada aspek tarikh belum mencantumkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan peran tokoh ilmuwan muslim sampai masa Abbasiyah, padahal di dalam rumusan SK dan KD pada kelas VIII semester dua telah mencantumkan masalah tersebut.
Selanjutnya kami akan menguraikan hasil uji sinkronisasi antara SKL-SI dengan materi-materi pembelajaran yang terdapat pada buku-buku teks PAI pegangan siswa kelas VII, VII, dan IX SMP, yaitu sebagai berikut:
1.      Pada aspek al-Qur’an Hadits, materi-materi pelajaran yang terdapat pada buku pegangan siswa kelas VII dijelaskan tentang hukum mad/panjang dan hukum bacaan nun mati. Padahal di SI dijelaskan mengenai hukum bacaan al-Qomariyah dan asy-Syamsiyah, hukum bacaan nun mati dan mim mati. Sedangkan materi pelajaran pada kelas VIII yaitu tentang mim sukun, dan yang tercantum di SI yaitu tentang qalqalah, hukum bacaan Ra’, mad, dan waqaf. Materi pelajaran kelas IX yaitu mengenai hukum bacaan tafkhim dan tarqiq serta tanda waqaf. Sedangkan di SI mengenai surah at-Tiin, hadits tentang menuntut ilmu, al-Insyirah, hadits tentang kebersihan.
Hal ini jelas bahwa tidak ada kesinkronan antara materi pelajaran dengan SI pada aspek Al-Qur’an Hadits. Seharusnya, materi pelajaran mad diajarkan di kelas VIII bukan di kelas VII, materi pelajaran mim sukun diajarkan di kelas VII bukan di kelas VIII, materi pelajaran tanda waqaf diajarkan di kelas VIII bukan di kelas IX. Kami juga tidak menemukan pembahasan mengenai surah at-tiin dan surah al-Insyirah. Pembahasan hukum bacaan tafkhim dan tarqiq juga tidak terdapat di SI baik di kelas VII, VIII, maupun kelas IX.
2.      Pada aspek Aqidah, sudah ada kesesuaian antara SKL-SI dengan materi-materi pelajaran yang terdapat di buku pegangan siswa baik di kelas VII, VIII, maupun kelas IX.
3.      Pada aspek Akhlak, materi-materi yang diajarkan pada siswa kelas VII tidak sesuai dengan SI. Pada kelas VIII juga tidak ada kesinkronan antara materi pelajaran dengan SI. Begitu pula pada kelas IX.
4.      Pada aspek Fiqih, materi pelajaran sudah sesuai dengan SI, namun kesesuaian tersebut hanya pada kelas VIII. Pada kelas VII tidak ada pembahasan mengenai shalat munfarid yang mana telah tercantum di SI. Pada SI kelas IX dijelaskan mengenai shalat berjamaah dan shalat munfarid, padahal sudah trdapat di SI untuk kelas VII, dan pada buku pegngan kelas IX tidak ad pembahasan mengenai shalat berjamaah dan munfarid.
5.      Pada aspek Tarikh dan Kebudayaan, terdapat kesesuaian antara materi pembelajaran dengan SI pada kelas VII dan IX. Sedangkan di kelas VIII terdapat pembahasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah yang mana di SI hanya menjelaskan tentang perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah saja.



BAB III 
PENUTUP
 
A.    Kesimpulan
Berdasarkan SKL dan SI yang telah diuraikan di atas maka dapat disimpulkan bahwa tidak semua materi pembelajaran PAI di SMP sesuai dengan SKL dan SI yang telah ditetapkan. Seperti pada aspek Al-Qur’an Hadits kelas VII, VIII, dan IX; aspek Aqidah kelas VII, VIII, dan IX; aspek Akhlak kelas VII, VIII, dan IX; aspek Fiqih kelas VII dan IX; serta aspek Tarikh dan Kebudayaan kelas VIII.
B.     Saran
Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, kepada para pembaca, kami mengharapkan saran dan kritik konstruktif demi kesempurnaan makalah ini. Maka dari itu harapan kami agar selanjutnya bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di makalah ini dengan pembahasan-pembahasan yang lebih detail.





DAFTAR RUJUKAN

Permendiknas Nomor 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Permendiknas Nomor 22/2006 tentang Standar Isi.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.


[1] Permendiknas Nomor 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
[2] Permendiknas Nomor 22/2006 tentang Standar Isi.
[3] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas VII (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014), hlm. v-viii.
[4] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas VIII (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014), hlm. v-viii.
[5] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas IX (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015), hlm. v-viii.