Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk Menumbuhkembangkan akidah
melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT. Untuk lebih jelasnya silahkan
lanjutkan bacaan anda pada makalah dibawah ini.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi
pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi
sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan
keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan
Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral
sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan.
Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat
dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pada
makalah ini akan dibahas mengenai SKL dan SI Pendidikan Agama Islam di SMP,
yang mana dalam SI terdapat Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Kami juga
akan menganalisis SKL dan SI PAI di SMP, apakah sudah sinkron dengan buku-buku
teks PAI pegangan siswa SMP.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa saja tujuan dan ruang lingkup PAI?
2.
Apa
saja yang menjadi standar kompetensi lulusan PAI di SMP?
3.
Apa
saja yang menjadi standar isi PAI di SMP?
4.
Bagaimana hasil analisis SKL dan SI PAI di
SMP?
C.
Tujuan
1. Untuk mengetahui tujuan dan ruang lingkup PAI.
2. Untuk mengetahui standar kompetensi lulusan PAI di SMP.
3. Untuk mengetahui standar isi PAI di SMP.
4. Untuk mengetahui hasil analisis SKL dan SI PAI di SMP.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tujuan dan Ruang Lingkup PAI
Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk:
1.
Menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
2.
Mewujudkan
manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang
berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis,
berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan
sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang
lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Al Qur’an dan
Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh
dan Kebudayaan Islam.
Pendidikan
Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara
hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia,
hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam
sekitarnya.
B.
Standar Kompetensi Lulusan PAI di SMP
Standar
Kompetensi Lulusan PAI di SMP antara lain sebagai berikut:
1. Al-Qur’an Hadits: Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut
tajwid, mulai dari cara membaca “Al”-Syamsiyah dan “Al”-Qomariyah sampai kepada
menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
2. Aqidah: Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek
rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar
serta Asmaul Husna.
3. Akhlak: Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah
dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad,
ghadab dan namimah.
4. Fiqih: Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid
dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam: Memahami dan meneladani sejarah Nabi
Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya
Islam di nusantara.[1]
C.
Standar Isi PAI di SMP
Adapun Standar
Isi PAI di SMP akan dijelaskan pada masing-masing kelas dan semester sebagai
berikut:[2]
Kelas VII, Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an Hadits
1.
Menerapkan
Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
|
1.1
Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
1.2
Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah.
1.3
Menerapkan bacaan bacaan ”Al”
Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Aqidah
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya.
|
1.1
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan
dengan sifat-sifat Allah.
1.2 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT.
1.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT.
1.4
Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan
akan sifat-sifat Allah SWT.
|
2.
Memahami
Asmaul Husna.
|
2.1
Menyebutkan
arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
2.2
Mengamalkan
isi kandungan 10 Asmaul Husna.
|
Akhlak
1.
Membiasakan
perilaku terpuji.
|
1.1 Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan
sabar.
1.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat,
qona’ah, dan sabar.
|
Fiqih
1. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci).
|
1.1
Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib.
1.2
Menjelaskan perbedaan hadas dan najis.
|
2. Memahami tata cara shalat.
|
2.1
Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.
2.2
Memperaktikkan shalat wajib.
|
3.
Memahami
tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri).
|
3.1
Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid.
3.2
Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid.
|
Tarikh
dan kebudayaan Islam
1.
Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW.
|
1.1
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW.
1.2
Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa.
|
Kelas VII, Semester II
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al-Qur’an Hadits
1.
Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
1.1
Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
1.2 Membedakan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
1.3 Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
dengan benar.
|
Aqidah
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Malaikat.
|
1.1
Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
1.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
|
Akhlak
1.
Membiasakan
perilaku Terpuji.
|
1.1
Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
1.2
Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
1.3
Membiasakan perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti.
|
Fiqih
1.
Memahami
tatacara shalat Jum’at.
|
1.1
Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat jum’at.
1.2 Mempraktekkan shalat jum’at.
|
2.
Memahami tatacara shalat jama’
dan qashar.
|
2.1
Menjelaskan shalat jama’ dan qashar.
2.2 Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
1.
Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW.
|
1.1
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun
manusia mulia dan bermanfaat.
1.2
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
1.3 Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
|
Adapun
materi-materi yang terdapat pada buku teks PAI untuk SMP kelas VII ialah sebagai berikut:
Bab 1: Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat
Indah Nama-Nya. Di dalamnya terdapat pembahasan Iman kepada Allah Swt. dan
Al-Asmau al-Husna.
Bab 2: Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan
Istiqamah.
Bab 3: Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman. Di dalamnya
terdapat pembahasan Thaharah.
Bab 4: Indahnya Kebersamaan dengan Berjamaah. Di
dalamnya membahas mengenai shalat berjamaah.
Bab 5: Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah
Swt. di dalamnya membahas sejarah keRasulan Nabi Muhammad beserta
kisah Dakwah beliau.
Bab 6: Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih
Mudah. Di dalamnya membahas ayat al-Qur’an dan Hadits Nabi terkait ilmu
pengetahuan, serta membahas hukum bacaan panjang/mad.
Bab 7: Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat
Allah Swt. Di dalamnya membahas iman kepada Malaikat, nama, dan tugas Malaikat.
Bab 8: Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah.
Di dalamnya membahas pengertian berempati, hormat kepada orang tua dan guru.
Bab 9: Memupuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita
Tunggu. Di dalamnya membahas tentang Shalat Jum’at.
Bab 10: Islam Memberikan Kemudahan Melalui Shalat Jama’
dan Qasar.
Bab 11: Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang
Membanggakan. Di dalamnya membahas tentang perjalanan Hijrah Rasulullah.
Bab 12: Al-Khulafau Ar-Rasyidin Penerus
Perjuangan Nabi Muhammad saw. Di dalamnya membahas tentang kisah para khulafaur
rasyidin.
Bab 13: Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar,
dan Pemaaf. Di dalamnya membahas ayat al-Qur’an dan Hadits Nabi terkait sifat
ikhlas, sabar dan pemaaf, serta membahas hukum bacaan nun sukun/tanwin. [3]
Kelas VIII, Semester I
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al-Qur’an Hadits
1.
Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra’.
|
1.1
Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra’.
1.2 Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra’ dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan
benar.
|
Aqidah
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Kitab-kitab Allah.
|
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah.
1.2
Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul.
1.3
Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah.
|
Akhlak
1.
Membiasakan
perilaku Terpuji.
|
1.1
Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal.
1.2
Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakkal.
1.3
Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
Menghindari
perilaku Tercela.
|
2.1
Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah.
2.2
Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan
namimah.
2.3
Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
1.
Mengenal
tatacara shalat Sunnat.
|
1.1
Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.
1.2 Memperaktikkan shalat sunnat
rawatib.
|
2.
Memahami macam-macam
sujud.
|
2.1
Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
2.2
Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
2.3
Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
|
3.
Memahami tata cara
puasa.
|
3.1
Menjelaskan ketentuan puasa wajib.
3.2
Memperaktekkan puasa wajib.
3.3
Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
3.4
Memperaktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
|
4.
Memahami
zakat.
|
4.1
Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.
4.2 Membedakan
antara zakat fitrah dan zakat mal.
4.3
Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.
4.4
Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
1. Memahami Sejarah Nabi
|
1.1
Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan.
1.2 Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah.
|
Kelas
VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al-Qur’an Hadits
1.
Menerapkan
hukum bacaan mad dan waqaf.
|
1.1
Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf.
1.2
Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an.
1.3
Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an.
|
Aqidah
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Rasul Allah.
|
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
1.2
Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.
1.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah
SAW.
|
Akhlak
1.
Membiasakan
perilaku terpuji.
|
1.1
Menjelaskan adab makan dan minum.
1.2
Menampilkan contoh adab makan dan minum.
1.3
Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
Menghindari
Perilaku Tercela.
|
2.1
Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.
2.2
Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.
2.3
Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
1.
Memahami hukum
Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.
|
1.1
Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
1.2
Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
1.
Memahami
sejarah dakwah Islam.
|
1.1
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa
Abbasiyah.
1.2
Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.
|
Adapun
materi-materi yang terdapat pada buku teks PAI untuk SMP kelas VIII ialah sebagai berikut:
Bab 1: Meyakini
kitab-kitab Allah, mencintai al-Qur’an.
Bab 2: Lebih dekat
kepada Allah dengan mengamalkan salat sunnah.
Bab 3: Jiwa lebih
tenang dengan banyak melakukan sujud.
Bab 4: Ibadah puasa
membentuk pribadi yang bertakwa.
Bab 5: Pertumbuhan ilmu
pengetahuan pada masa Umayyah.
Bab 6: Rendah hati,
hemat, dan sederhana membuat hidup lebih mulia.
Bab 7: Meneladani
kemuliaan dan kejujuran para Rasul Allah.
Bab 8: Mengonsumsi makanan dan minuman yang
halal dan menjauhi yang haram.
Bab 9: Pertumbuhan ilmu
pengetahuan pada masa Abbasiyah.
Bab 10: Hidup sehat dengan makanan dan minuman
yang halal serta bergizi. Di dalamnya juga membahas ayat-ayat Al-Qur’an tentang
makanan dan minuman yang halal, serta mengenai hukum bacaan mim sukun.
Bab 11: Menghindari
minuman keras, judi, dan pertengkaran.[4]
Kelas,
IX Semester I
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al-Qur’an dan Al-Hadits
1. Memahami Ajaran Al Qur’an surat
At-Tin.
|
1.1 Membaca QS
At-Tin dengan tartil
1.2
Menyebutkan arti QS At-Tin
1.3 Menjelaskan makna QS At-Tin
|
2.
Memahami
Ajaran Al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
2.1 Membaca
hadits tentang menuntut ilmu.
2.2 Menyebutkan
arti Hadits tentang menuntut ilmu.
2.3
Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits.
|
Aqidah
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Hari Akhir.
|
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir.
1.2
Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir.
1.3
Menceritakan proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam
Al-Qur’an dan Al-Hadits.
|
Akhlak
1.
Membiasakan
perilaku terpuji.
|
1.1
Menjelaskan pengertian qana’ah dan tasamuh.
1.2
Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh.
1.3
Membiasakan perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
1.
Memahami hukum
Islam tentang penyembelihan hewan.
|
1.1
Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.
1.2
Menjelaskan ketentuan aqiqah dan
qurban.
1.3 Memperagakan
cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban.
|
2.
Memahami hukum
Islam tentang Haji dan Umrah.
|
2.1
Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
2.2
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
1.
Memahami
sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
|
1.1
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
dan pengajaran.
1.2
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
|
Kelas
IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al-Qur’an dan Al Hadits
1.
Memahami
Al-Qur’an surat Al-Insyirah.
|
1.1
Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar.
1.2
Menyebutkan arti QS Al-Insyirah.
1.3
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti
dalam QS Al-Insyirah.
|
2.
Memahami
Ajaran Al-Hadits tentang kebersihan.
|
2.1 Membaca
hadits tentang kebersihan.
2.2
Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan.
2.3
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits.
|
Aqidah
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Qadha dan Qadhar.
|
1.1
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar.
1.2
Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadhar.
1.3
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari.
1.4
Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.
|
Akhlak
1.
Menghindari
perilaku tercela.
|
1.1
Menyebutkan pengertian takabbur
1.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabbur.
1.3
Menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
1.
Memahami
tatacara berbagai shalat sunnah.
|
1.1
Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid.
1.2
Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid.
1.3
Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
1.
Memahami
sejarah tradisi Islam Nusantara.
|
1.1
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
1.2 Memberikan
apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
Adapun
materi-materi yang terdapat pada buku teks PAI untuk SMP kelas IX ialah sebagai berikut:
Bab 1: Meyakini hari
akhir, mengakhiri kebiasaan buruk.
Bab 2: Menatap masa
depan dengan optimis, ikhtiar, dan tawakal.
Bab 3: Mengasah pribadi
yang unggul dengan jujur, santun , dan malu.
Bab 4: Akikah dan
Kurban menumbuhkan kepedulian umat.
Bab 5: Kehadiran Islam mendamaikan bumi
nusantara. Di dalamnya membahas masuknya islam ke Indonesia dan
kerajaan-kerajaan islam di Indonesia.
Bab 6: Meraih kesuksesan dengan optimis,
ikhtiar dan tawakkal. Di dalamnya membahas tentang ayat-ayat dalam Al-Qur’an
tentang optimis, ikhtiar dan tawakka, serta membahas mengenai hukum bacaan
tafkhim dan tarqiq.
Bab 7: Beriman kepada
qada’ dan qadar berbuah ketenangan hati.
Bab 8: Damaikan negeri
dengan ketenangan hati.
Bab 9: Menuai keberkahan dengan rasa hormat,
taat kepada orang tua dan guru.
Bab 10: Dahsyatnya
persatuan dalam ibadah haji dan umrah.
Bab 11: Menelusuri
tradisi islam di Nusantara.
Bab 12:
Menyuburkan kebersamaan dengan
toleransi dan menghargai perbedaan. Di dalamnya membahas ayat-ayat Al-Qur’an
tentang toleransi dan menghargai perbedaan, serta membahas tentang tanda waqaf.[5]
D. Analisis SKL dan SI PAI di SMP
Setelah kami mendeskripsikan mengenai SKL dan SI (SK-SD) mata
pelajaran PAI mulai dari kelas VII semester 1 sampai dengan kelas IX semester
2, ada beberapa hal yang kami temukan, yaitu sebagai berikut:
1.
Rumusan
SKL mata pelajaran PAI pada spek Al-Qur’an Hadits
lebih menonjolkan aspek al-Qur’an dan mengabaikan hadits, padahal di dalam SK
dan KD terdapat pelajaran hadits pada kelas IX semester 1 dan 2.
2.
Rumusan
SKL mata pelajaran PAI pada aspek Aqidah sudah
sesuai dengan SK dan KD yang diterapkan baik di kelas VII, VIII, maupun IX.
3.
Rumusan
SKL mata pelajaran PAI pada aspek Akhlak sudah
sesuai dengan SK dan KD yang diterapkan baik di kelas VII, VIII, maupun IX.
4.
Rumusan
SKL mata pelajaran PAI pada aspek fiqh adalah “Menjelaskan
tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib
maupun shalat sunat”. Sedangkan di dalam SK dan KD-nya juga memuat ajaran
puasa, zakat, haji dan umrah, serta penyembelihan hewan. Ini menunjukkan bahwa
tidak ada sinkronisasi antara SKL dengan SI (SK dan KD).
5.
Rumusan
SKL mata pelajaran PAI pada aspek tarikh belum
mencantumkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan peran tokoh ilmuwan muslim sampai
masa Abbasiyah, padahal di dalam rumusan SK dan KD pada kelas VIII semester dua
telah mencantumkan masalah tersebut.
Selanjutnya kami akan menguraikan hasil uji sinkronisasi antara
SKL-SI dengan materi-materi pembelajaran yang terdapat pada buku-buku teks PAI
pegangan siswa kelas VII, VII, dan IX SMP, yaitu sebagai berikut:
1. Pada aspek al-Qur’an Hadits, materi-materi pelajaran yang terdapat pada
buku pegangan siswa kelas VII dijelaskan tentang hukum mad/panjang dan hukum
bacaan nun mati. Padahal di SI dijelaskan mengenai hukum bacaan al-Qomariyah
dan asy-Syamsiyah, hukum bacaan nun mati dan mim mati. Sedangkan materi
pelajaran pada kelas VIII yaitu tentang mim sukun, dan yang tercantum di SI
yaitu tentang qalqalah, hukum bacaan Ra’, mad, dan waqaf. Materi pelajaran
kelas IX yaitu mengenai hukum bacaan tafkhim dan tarqiq serta tanda waqaf. Sedangkan
di SI mengenai surah at-Tiin, hadits tentang menuntut ilmu, al-Insyirah, hadits
tentang kebersihan.
Hal ini jelas bahwa tidak ada kesinkronan
antara materi pelajaran dengan SI pada aspek Al-Qur’an Hadits. Seharusnya,
materi pelajaran mad diajarkan di kelas VIII bukan di kelas VII, materi
pelajaran mim sukun diajarkan di kelas VII bukan di kelas VIII, materi
pelajaran tanda waqaf diajarkan di kelas VIII bukan di kelas IX. Kami juga
tidak menemukan pembahasan mengenai surah at-tiin dan surah al-Insyirah.
Pembahasan hukum bacaan tafkhim dan tarqiq juga tidak terdapat di SI baik di
kelas VII, VIII, maupun kelas IX.
2. Pada aspek Aqidah, sudah ada kesesuaian antara SKL-SI dengan materi-materi
pelajaran yang terdapat di buku pegangan siswa baik di kelas VII, VIII, maupun
kelas IX.
3. Pada aspek Akhlak, materi-materi yang diajarkan pada siswa kelas VII tidak
sesuai dengan SI. Pada kelas VIII juga tidak ada kesinkronan antara materi
pelajaran dengan SI. Begitu pula pada kelas IX.
4. Pada aspek Fiqih, materi pelajaran sudah sesuai dengan SI, namun kesesuaian
tersebut hanya pada kelas VIII. Pada kelas VII tidak ada pembahasan mengenai
shalat munfarid yang mana telah tercantum di SI. Pada SI kelas IX dijelaskan
mengenai shalat berjamaah dan shalat munfarid, padahal sudah trdapat di SI
untuk kelas VII, dan pada buku pegngan kelas IX tidak ad pembahasan mengenai
shalat berjamaah dan munfarid.
5. Pada aspek Tarikh dan Kebudayaan, terdapat kesesuaian antara materi
pembelajaran dengan SI pada kelas VII dan IX. Sedangkan di kelas VIII terdapat
pembahasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah yang
mana di SI hanya menjelaskan tentang perkembangan ilmu pengetahuan pada masa
Bani Abbasiyah saja.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan SKL dan SI yang telah diuraikan di
atas maka dapat disimpulkan bahwa tidak semua materi pembelajaran PAI di SMP
sesuai dengan SKL dan SI yang telah ditetapkan. Seperti pada aspek Al-Qur’an
Hadits kelas VII, VIII, dan IX; aspek Aqidah kelas VII, VIII, dan IX; aspek
Akhlak kelas VII, VIII, dan IX; aspek Fiqih kelas VII dan IX; serta aspek
Tarikh dan Kebudayaan kelas VIII.
B.
Saran
Kami
menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan
kekhilafan. Oleh karena itu, kepada para pembaca, kami mengharapkan saran dan
kritik konstruktif demi kesempurnaan makalah ini. Maka dari itu harapan kami
agar selanjutnya bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di makalah ini
dengan pembahasan-pembahasan yang lebih detail.
DAFTAR RUJUKAN
Permendiknas Nomor 23/2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan.
Permendiknas Nomor 22/2006 tentang Standar
Isi.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2015.
[1]
Permendiknas Nomor 23/2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan.
[2]
Permendiknas Nomor 22/2006 tentang Standar Isi.
[3] Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk
SMP/MTs Kelas VII (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014),
hlm. v-viii.
[4]
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk
SMP/MTs Kelas VIII (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014), hlm. v-viii.
[5]
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk
SMP/MTs Kelas IX (Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015), hlm. v-viii.