Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan di Perusahaan Menara Auto Service

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
Kemajuan di era globalisai saat ini, tidak hanya industri manufaktur saja yang mendominasi aktivitas perekonomian di seluruh dunia, namun industri jasa turut juga memegang peranan cukup penting. Sebagai mengembangkan karir, bahkan jasa telah menjadi suatu industri yang mampu  memberikan sumbangan pendapatan nasional (Harsasi, 2006).
 Di Perusahaan Menara Auto Service yang berkeingin menjadi perusahaan yang selalu  berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif Perusahaan Menara Auto Service selalu memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing, penyerahan lebih cepat dan layanan yang baik kepada pelanggan. Sebagai menajer Di Perusahaan Menara Auto Service selalu berpandangan pada ekonomi yang memiliki peran strategis bagi kemajuan masyarakat di sebuah negara.
Di Perusahaan Menara Auto Service ketika ada pelanggan yang ingin mencuci  Kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor yang sering dipakai, pelayan selalu memberikan kepuasan terhadap pelanggan agar bersih dan penggunannya merasa nyaman.
Pencucian kendaraan bermotor dilakukan dengan baik oleh pelayan sehingga pemilik atau pemakai kendaraan merasa puas terhadap layanannya  Saat itulah pemakai kendaraan tersebut akan timbul kepercayaan sehingga pemakai kendaraan tersebut akan mencucui lagi.  Dengan begitu peran penyediaan jasa cuci kendaraan sangat dibutuhkan untuk membantu menjadikan kendaraan bermotor jadi bersih.
Menurut bapak fathor selaku pekerja disana pemilik perusahaan selalu memberikan arahan agar seluruh pekerja di Perusahaan Menara Auto Service memberikan pelayan yang baik karna menurut beliu dengan memberikan pelayanan yang baik akan memberikan dampak yang sangat baik pada Industri jasa pencucian kendaraan,  jasa pencucian seakan-akan menjadi peluang besar, dalam arti sekarang pengusaha memegang peranan penting untuk memberikan pelayanan terhadap konsumen. Melihat kondisi perekonomian saat ini dengan banyaknya transportasi di Indonesia dan mengalami jumlah peningkatan kendaraan setiap tahunnya, maka  menjadi peluang usaha industri jasa.
Berdirinya perusahaan Menara Auto Service tujuan utamanya adalah untuk  mengurangi tenaga pengangguran dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
 Hal ini peluang besar bagi jasa pencucian kendaran bermotor untuk memberikan pelayanaan terhadap masyarakat apabila tidak adanya waktu luang untuk merawat kendaraan bermotor menjadi bersih.  Perusahaan yang memberikan jasa yang berkualitas dan bermutu, yang dapat memenuhi tingkat kepentingan konsumen akan dapat lebih bertahan karena menciptakan nilai yang lebih unggul daripada pesaingnya. Bisnis besar yang sering kita jumpai seperti perusahaan penerbangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, jaringan hotel, dan transportrasi angkutan barang hingga berbagai jenis bisnis kecil yang dimiliki dan dijalankan secara lokal, termasuk restoran, binatu, taksi, ahli mata, dan banyak jasa bisnis-ke-bisnis (Lovelock, 2007).
 Pada dasarnya jasa merupakan semua aktivitas ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik atau konstruksi, yang biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan memberi nilai tambah (seperti misalnya kenyamanan, hiburan, kesenangan, atau kesehatan) atau pemecahan atas masalah yang dihadapi konsumen (Luppiyoadi, 2001). 
Industri jasa  untuk menarik konsumen dengan memberikan fasilitas. Fasilitas adalah dimana kebutuhan dan harapan pelangan, baik yang bersifat fisik maupun psikologis untuk memberikan kenyamanan (Tjiptono, 2006). Menurut Budiarti (2005) dalam Sulekn, et al,  (1995) Salah satu pendukung fasilitas dengan bentuk fasilitas fisik organisasi yang digunakan sebagai alat komunikasi pelayanan terhadap konsumen. Elemen dari desain fasilitas pelayanan meliputi elemen fisik seperti layout, penggunaan teknologi sebagai sarana dalam pemberian jasa, dan dekorasi yang ada pada perusahaan. Setiap perusahaan yang berorientasi menjadi service business selalu ingin mengoptimalkan kualiatas pelayanan untuk memuasakan konsumen nya.
Menurut Budiarti (2005) pelayanan pelanggan merupakan pelayanan yang bersifat personal dimana terjadi interaksi antara pemberi jasa dan pelanggan yang dibentuk oleh adanya keinginan pemberi jasa untuk melayani pelanggan dan kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugas secara benar. menurut Kotler (1993:1997) menyatakan bahwa pelayanan adalah setiap kegiatan dan manfaat yang dapat diberikan oleh suatu pihak ke pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak perlu berakibat pemilikan sesuatu.
Dalam Perusahaan Menara Auto Service untuk meningkatkan strategi kualiatas pelayanan yang bermutu menggunakan pengukuran model SERVQUAL, yang sering diterapkan adalah ditentukan oleh reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles untuk mengukur puas atau tidaknya seseorang konsumen akan mempengaruhi respon atau pola konsumsi pelayananselanjutnya. Dari hasil observsi menyatakan bahwa kualitas layanan terbukti secara signifkan dan berpengaruh kuat terhadap minat merenferensikan atau Word of Mouth.
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan, karena dengan memuaskan pelanggan perusahaan akan mampu bersaing atau mengungguli pesaingnya. Dalam memasarkan barang atau jasa perusahaan selalu berusaha untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan para pelanggan lama dan baru. Oleh karena itu penjualan  perlu menguasai unsur-unsur kecepatan, ketepatan, keamanan, keramah tamahan, dan kenyamanan. Kebutuhan pelanggan perlu di identifikasikan secara jelas, sebagai bagian dari pengembangan produk
untuk melampaui harapan pelanggan, dan bukan sekedar memenuhinya. 
Saat ini mengenai pelayanan jasa di Perusahaan Menara Auto Service tidaklah ringan,  karana dihadapkan pada persaingan,  tidak hanya itu pelayan harus membuat para konsumen tertarik, namun juga membuat konsumen tersebut menjadi pelanggan dan meningkatkan laba perusahaan. Pada sisi lain, jasa dihadapkan pada kenyataan pelayanan yang berkualitas dan bermutu sehingga terdapat nilai sesuai harapan dan keinginan konsumen, banyaknya pesaing akan selalu berupaya untuk lebih unggul dari perusahaan dan lebih jauh para pesaing selalu berharap perusahaan keberadaannya  tidak langgeng. Pencapaian perusahaan memiliki strategi kunci untuk meningkatkan citra di mata konsumen. Oleh karena itu, perusahaan wajib mempertahankan strategi perusahaan berkaitan minat mereferensikan. Minat mereferensikan sangat dibutuhkan sebagai elemen dalam strategi pemasaran yang kompetitif.