Organisasiadalah sekelompok orang atau lebih,dan juga organisasi perkantoran adalah kerangka dalam institute atau sekelompok orang dapat bertindak dalam sebuah perkantoran sangatlah di butuhkan organisasi karna organisasi akan membuat sebuah tatanan serta struktur bagi staf staf untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan.
PENDAHULUAN
Organisasi perkantoran sangat lah di butuhkan karna didalam perkantoran tersebut ada sebuah struktur yang telah di tentukan dan dengan adanya organisasi tersebut maka proses yang telah direncanakan akan mudah karna dalam organisasi tersebut mempunyai fungsi serta peranan masing masing staf atau karyawan yang ada di kantor.
PENDAHULUAN
Organisasi perkantoran sangat lah di butuhkan karna didalam perkantoran tersebut ada sebuah struktur yang telah di tentukan dan dengan adanya organisasi tersebut maka proses yang telah direncanakan akan mudah karna dalam organisasi tersebut mempunyai fungsi serta peranan masing masing staf atau karyawan yang ada di kantor.
Pada dasarnya organisasi itu ada karna
organisasi mempersatukan sumber sumber potensi individu,dua orang bekerja sama
akan lebih mudah melakukan pekerjaanya dibandingkan dengan seorang diri
melakukanya akan tetapi untuk mencapai tujuan melalui kerja sama ada aturanya
dan mereka berusaha meng kordinasikan kegiatan dan kebutuhanya untuk mencapai
sasaran dan tujuan tertentu.
Berdasarkan kesimpulan dari organisasi
perkantoran adalah kerangka,didalam mana orang bertindak,organisasi mengandung penyusunan tenaga kerja dan
pembagian tugas. dan organisasi mempunyai beberapa ciri ciri serta dalam sebuah
organisasi mempunyai prinsip prinsip organisasi
untuk mencapai tujuan organisasi dan selain itu dalam organisasi
perkantoran ada sentralisasi serta spesialisasi perkantoran .maka dari itu
organisasi sangatlah di butuhkan dalam sebuah perkantoran untuk mencapai tujuan yang telah di
rencanakan.
B. PEMBAHASAN
a. Pengertian Organisasi.
Kata Organisasi bersal dari bahasa inggris Orgazation ,yang bentuk invinitinya
adalah to organize.kata tersebut
berasal dari bahasa yunani,yaitu organon
yang berarti sebagian atau susunan [1]
didalam buku Administrasi di jelaskan bahwasanya organisasi adalah kerangka,di
dalam institute atau perkantoran serta kelompok orang orang
bertindak.organisasi mengandung peenyusunan tenaga kerja dan pembagian
tugas.Mengorganisasikan adalah menyusun bagian bagian tugas atau program yang
telah di rencanakan sedemikian rupa sehingga seluruhnya bekerja sebagai satu
badan yang disatukan.[2]
Didalam sebuah perkantoran sangatlah di
butuhkan sebuah organisasi karna organisasi akan membuat sebuah tatanan serta
struktur bagi staf dalam tugas masing masing staf yang telah di tentukan oleh
Manajer karna kesuksesan tertinggi organisasi terkait dengan kualitas ketentuan
serta rencana dan keputusan oleh Manajer dalam organisasi perkantoran[3].
b.
Ciri
Ciri Organisasi Perkantoran.
Dalam sebuah organisasi perkantoran pasti ada
ciri-ciri organisasi perkantoran ,adapun ciri cirri organisasi perkantoran
Menurut Amitai Epzin pada umumnya sebagai berikut.
1. Adanya
pembagian dalam pekerjaan dan tanggung jawab komonikasi yang merupakan bentuk
pembagian kerja yang tidak di polakan begitu saja.
2. Ada
pengendalian usaha usaha organisasi serta menggerakkan organisasi untuk
mencapai tujuan.
3. Pergantian
tenaga dalam hal ini tenaga yang di anggap tidak bekerja sebagai mana tidak di
harapkan dapat digantikan oleh tenaga lain.
c.
Prinsip Organisasi Perkantoran
Prinsip adalah landasan atau pijakan yang
sering di sebut sebagai refrensi utama dalam memulai pelaksanaan
kegiatan.Organisasi harus didasarkan pada prinsip prinsip tertentu agar
pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan .Prinsip, juga sering diartikan sebagai
kaidah dan titik tolak kegiatan yang tidak dapat diubah[4].
Prinsip Organisasi merupakan hal yang penting
bagi suatu perusahaan atau instansi dengan prinsip organisasi akan menghasilkan
suatu ke efesienan dalam menggunakan sumberdaya manusia.
Adapun Prinsip Organisasi sebagai
berikut
1. Prinsip
Tujuan
Tujuan
organisasi perkantoran atau kelompok. Fungsi suatu organisasi perkantoran harus
di rumuskan dan di mengerti oleh masing masing personalis dalam kantor
tersebut.Dengan adanya tujuan yang di mengerti maka dapat berubah menjadi
motivasi untuk mencapai tujuan tersebut.
2. Prinsip
Kesatuan Fungsi
Setiap organisasi terdiri dari beberapa
fungsi yang harus bekerja sama demi mencapai tujuan utama sebuah organisasi
perkantoran.
3. Prinsip
Hubungan Individual
Prinsip
Hubungan individual dalam prinsip tersebut melalui adanya pribadi pribadi yang
melaksanakan pekerjaan dengan efektif meski organisasi perkantoran merupakan
suatu sistem ,Namun pada dasarnya individulah yang menyelesaikan pekerjaanya.
4. Prinsip
Keserderhanaan
Organisasi
perkantoran yang efektif bekerja berdasarkan kesederhanaan inilah yang
memudahkan para pelaksana untuk memahami
5. Prinsip
wewenang Yang wewenang dan tanggung jawab
Setiap orang dalam organisasi
perkantoran harus diberikan kewenangan yang sesuai dengan tanggung jawabnya
dengan demikian karyawan dapat bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas
tersebut.
6. Prinsip
pada atasan tunggal .
Agar masing masing personalia dapat
mengetahui dengan jelas kepada siapa dia harus melapor maka setiap tugas dalam
organisai perkantoran dan tanggung jawabnya dari satu orang atasan saja.
7. Prinsip
Kepengawasan Dan Kepemimpinan.
Kepemimpinan dan kepengawasan yang
efektif dalam suatu organisasi perkantoran haruslah di tegaskan sehingga tujuan
pengawasan perkantoran efektif.
8. Jangkauan
pengawasan.
Agar pengawasan dan kepemimpinan berjalan
secara efektif maka seyoginya jangkauan pengawasan dibawah pengawasan langsung
dari seorang manajer kantor. [5]
d.
Sentralisasi Dan Spesialisasi
Organisasi Perkantoran.
1. Sentralisasi.
Sentralisasi berarti titik berat pada
pengawasan dari pusat seperti yang dinyatakan oleh instruksi instruksi secara
terinci dari kantor pusat untuk mengenai pekerjaan apakah yang harus
dilakukan,bagaimana,dan bilamana pekerjaan tersebut harus dilakukan,kemudian
menuntun adanya laporan laporan yang sering dan terartur tentang pekerjaan
tersebut.
Ø Keuntungan
Sentralisasi Adalah
a. Pengawasan
administrasi yang lebih baik.
b. Beban
beban maksimum dapat dikendalikan dengan lebih mudah.
c. Pengawasan
dapat sesuai dengan standar.
d. Penggunaan
mesin mesin yang lebih baik.
e. Penggunaan
para ahli dan saran yang lebih baik.
f. Fleksibilitas
yang lebih besar dalam penggunaan tenaga kerja.
Ø Kerugian
Sentralisasi Adalah
a.
Pengawasan yang terlalu
ketat dapat mempengaruhi pegawai
b.
Menambah pekerjaan tata
usaha dan surat menyurat (burokrasi)
c.
Penangguhan dalam
pelaksanaan pekerjaan.
b. Spesialisasi perkantoran
Spesialisasi dimana derajat organisasi dibagi
menjadi beberapa pekerjaan melalui pembagian tugas tugas tenaga spesifik dengan
berulang efesiensi dapat dicapai.
e. Organisasi
di PT. GAS MADURA PRATAMA
Di
perkantoran perlu adanya organisasi termasuk di kantor PT. GAS MADURA PRATAMA. organisasi disana ada pembagian
pekerjaannya di bagi menjadi dua 1.
Direktur 2. Manajer. dan selanjutnya di sana ada 2 bagian 1. kepala Operasional
2. Keuangan dan adminitrasi. Dan operasional disana mempunyai tanggung jawab
kepada kordinator seperti Produksi,
Maintenance, dll. Sedangkan keuangan dan adminitrasi mempunyai tanggung jawab
atas keuangan dan personalia dan seterusnya seperti keterangan struktur dan
tabel dibawah ini.
Contoh:
1.
Ciri-ciri
perkantoran di PT. GAS MADURA PRATAMA
Ø Sedangakan
untuk menetapkan pekerjaan disana menurut bapak
hosain selaku manajer sebelumnya sudah ada tes sesuai dengan jurusan
masing-masinag, setelah seorang manajer melakukan tes baru beliau manentukan
pekerjaannya.
Ø Pergantian
tenaga pekerja disini merupaka orang yang lalai untuk bekerja sehingga seorang
manajer akan memberikan peringatan dan jika sudah parah manajer akan memecat
karyan tersebut.
2.
Prinsip
perkantoran di PT. GAS MADURA PRATAMA
Ø Sebuah
organisasi pasti ada ada sebuah tujuan Sedangkan tujuan organisasi disana merupakan
untuk memberikan layanan kepada masyarakat dalam ketersediaan LPG ini kepada
masyarakat.
Ø Dan organisasi disana sudah diberikan tanggung
jawab sesuai dengan kemampuannnya.
a.
Sentralisasi
Pengawasan
di kantor disini seorang manajer kepeda bawahannya seperti operasinal dan admin
dan juga mengawasi karyawan-karyawan yang lain
1. Keuntungan
sentralisasi
Ø Keuntungan
sentralisasi disini agar karyawan semangat
Ø Dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik
2. Kerugian
sentralisasi
Ø Terjadi
ketakutan ketika ada pengawasan, karena takut salah
Ø Dan
sebagainya
C.
Kesimpulan
Organisasi adalah sekelompok orang atau
lebih,dan juga organisasi perkantoran adalah kerangka dalam institute atau
sekelompok orang dapat bertindak dalam sebuah perkantoran sangatlah di butuhkan
organisasi karna organisasi akan membuat sebuah tatanan serta struktur bagi
staf staf untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan.
Dalam sebuah
organisasi mempunyai dan disini merupakan cirri dan prinsip perkantoran
ciri-ciri perkantoran tersebut merupakan adanya pengendlian usaha,dan
pergantian tenaga dan dalam prinsip organisasi perkantoran merupakan landasan
atau pijakan yang sering disebut sebagai refrensi utama dalam memulai
pelaksanaan kegiatan organisasi dan prinsip organisasi terdiri dari, prinsip
tujuan kesatuan fungsi prinsip hubungan individual,prinsip kesederhanaan.
Adapun
organisasi perkantoran di PT. GAS MADURA PRATAMA di sana ada dua bagian 1)
Direktur 2) manajer dan keduanya mempunyai tanggung jawab masing-masing kepada bawahannya. Dan juga ada pengawasan
yang dilakukan oleh manajer kepeda operasional dan adminitrasi dan keduanya
mengawasi bawahannya.