Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Pengertian Organisasi Perkantoran dan Sample Lapangan

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
Organisasiadalah sekelompok orang atau lebih,dan juga organisasi perkantoran adalah kerangka dalam institute atau sekelompok orang dapat bertindak dalam sebuah perkantoran sangatlah di butuhkan organisasi karna organisasi akan membuat sebuah tatanan serta struktur bagi staf staf untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan. 

PENDAHULUAN 
Organisasi perkantoran sangat lah di butuhkan karna didalam perkantoran  tersebut ada sebuah struktur yang telah di tentukan dan dengan adanya organisasi tersebut maka proses yang telah direncanakan akan mudah karna dalam organisasi tersebut mempunyai fungsi serta peranan masing masing staf atau karyawan yang ada di kantor.
   Pada dasarnya organisasi itu ada karna organisasi mempersatukan sumber sumber potensi individu,dua orang bekerja sama akan lebih mudah melakukan pekerjaanya dibandingkan dengan seorang diri melakukanya akan tetapi untuk mencapai tujuan melalui kerja sama ada aturanya dan mereka berusaha meng kordinasikan kegiatan dan kebutuhanya untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu.
   Berdasarkan kesimpulan dari organisasi perkantoran adalah kerangka,didalam mana orang bertindak,organisasi  mengandung penyusunan tenaga kerja dan pembagian tugas. dan organisasi mempunyai beberapa ciri ciri serta dalam sebuah organisasi mempunyai prinsip prinsip organisasi  untuk mencapai tujuan organisasi dan selain itu dalam organisasi perkantoran ada sentralisasi serta spesialisasi perkantoran .maka dari itu organisasi sangatlah di butuhkan dalam sebuah perkantoran  untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan.

B.       PEMBAHASAN

a. Pengertian Organisasi.
   Kata Organisasi bersal dari bahasa inggris Orgazation ,yang bentuk invinitinya adalah to organize.kata tersebut berasal dari bahasa yunani,yaitu organon yang berarti sebagian atau susunan [1] didalam buku Administrasi di jelaskan bahwasanya organisasi adalah kerangka,di dalam institute atau perkantoran serta kelompok orang orang bertindak.organisasi mengandung peenyusunan tenaga kerja dan pembagian tugas.Mengorganisasikan adalah menyusun bagian bagian tugas atau program yang telah di rencanakan sedemikian rupa sehingga seluruhnya bekerja sebagai satu badan yang disatukan.[2]              
   Didalam sebuah perkantoran sangatlah di butuhkan sebuah organisasi karna organisasi akan membuat sebuah tatanan serta struktur bagi staf dalam tugas masing masing staf yang telah di tentukan oleh Manajer karna kesuksesan tertinggi organisasi terkait dengan kualitas ketentuan serta rencana dan keputusan oleh Manajer dalam organisasi perkantoran[3].

b.   Ciri Ciri Organisasi Perkantoran.
   Dalam sebuah organisasi perkantoran pasti ada ciri-ciri organisasi perkantoran ,adapun ciri cirri organisasi perkantoran Menurut Amitai Epzin pada umumnya sebagai berikut.
1.    Adanya pembagian dalam pekerjaan dan tanggung jawab komonikasi yang merupakan bentuk pembagian kerja yang tidak di polakan begitu saja.
2.    Ada pengendalian usaha usaha organisasi serta menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuan.
3.    Pergantian tenaga dalam hal ini tenaga yang di anggap tidak bekerja sebagai mana tidak di harapkan dapat digantikan oleh tenaga lain.

c.     Prinsip Organisasi Perkantoran
   Prinsip adalah landasan atau pijakan yang sering di sebut sebagai refrensi utama dalam memulai pelaksanaan kegiatan.Organisasi harus didasarkan pada prinsip prinsip tertentu agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan .Prinsip, juga sering diartikan sebagai kaidah dan titik tolak kegiatan yang tidak dapat diubah[4].
   Prinsip Organisasi merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan atau instansi dengan prinsip organisasi akan menghasilkan suatu ke efesienan dalam menggunakan sumberdaya manusia.
Adapun Prinsip Organisasi sebagai berikut
1.    Prinsip Tujuan
Tujuan organisasi perkantoran atau kelompok. Fungsi suatu organisasi perkantoran harus di rumuskan dan di mengerti oleh masing masing personalis dalam kantor tersebut.Dengan adanya tujuan yang di mengerti maka dapat berubah menjadi motivasi untuk mencapai tujuan tersebut.
2.    Prinsip Kesatuan Fungsi
Setiap organisasi terdiri dari beberapa fungsi yang harus bekerja sama demi mencapai tujuan utama sebuah organisasi perkantoran.
3.    Prinsip Hubungan Individual
Prinsip Hubungan individual dalam prinsip tersebut melalui adanya pribadi pribadi yang melaksanakan pekerjaan dengan efektif meski organisasi perkantoran merupakan suatu sistem ,Namun pada dasarnya individulah yang menyelesaikan pekerjaanya.
4.    Prinsip Keserderhanaan
Organisasi perkantoran yang efektif bekerja berdasarkan kesederhanaan inilah yang memudahkan para pelaksana untuk memahami
5.    Prinsip wewenang Yang wewenang dan tanggung jawab
Setiap orang dalam organisasi perkantoran harus diberikan kewenangan yang sesuai dengan tanggung jawabnya dengan demikian karyawan dapat bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas tersebut.
6.    Prinsip pada atasan tunggal .
Agar masing masing personalia dapat mengetahui dengan jelas kepada siapa dia harus melapor maka setiap tugas dalam organisai perkantoran dan tanggung jawabnya dari satu orang atasan saja.
7.    Prinsip Kepengawasan Dan Kepemimpinan.
Kepemimpinan dan kepengawasan yang efektif dalam suatu organisasi perkantoran haruslah di tegaskan sehingga tujuan pengawasan perkantoran efektif.
8.    Jangkauan pengawasan.
   Agar pengawasan dan kepemimpinan berjalan secara efektif maka seyoginya jangkauan pengawasan dibawah pengawasan langsung dari seorang manajer kantor. [5]

d.   Sentralisasi Dan Spesialisasi Organisasi Perkantoran.
1. Sentralisasi.                                         
   Sentralisasi berarti titik berat pada pengawasan dari pusat seperti yang dinyatakan oleh instruksi instruksi secara terinci dari kantor pusat untuk mengenai pekerjaan apakah yang harus dilakukan,bagaimana,dan bilamana pekerjaan tersebut harus dilakukan,kemudian menuntun adanya laporan laporan yang sering dan terartur tentang pekerjaan tersebut.
Ø Keuntungan Sentralisasi Adalah
a.       Pengawasan administrasi yang lebih baik.
b.      Beban beban maksimum dapat dikendalikan dengan lebih mudah.
c.       Pengawasan dapat sesuai dengan standar.
d.      Penggunaan mesin mesin yang lebih baik.
e.       Penggunaan para ahli dan saran yang lebih baik.
f.       Fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan tenaga kerja.
Ø Kerugian Sentralisasi  Adalah
a.         Pengawasan yang terlalu ketat dapat mempengaruhi pegawai
b.         Menambah pekerjaan tata usaha dan surat menyurat (burokrasi)
c.         Penangguhan dalam pelaksanaan pekerjaan.

 b. Spesialisasi perkantoran
   Spesialisasi dimana derajat organisasi dibagi menjadi beberapa pekerjaan melalui pembagian tugas tugas tenaga spesifik dengan berulang efesiensi dapat dicapai.

e.  Organisasi di PT. GAS MADURA PRATAMA
Di perkantoran perlu adanya organisasi termasuk di kantor PT. GAS MADURA PRATAMA. organisasi disana ada pembagian pekerjaannya di bagi menjadi dua  1. Direktur 2. Manajer. dan selanjutnya di sana ada 2 bagian 1. kepala Operasional 2. Keuangan dan adminitrasi. Dan operasional disana mempunyai tanggung jawab kepada kordinator seperti  Produksi, Maintenance, dll. Sedangkan keuangan dan adminitrasi mempunyai tanggung jawab atas keuangan dan personalia dan seterusnya seperti keterangan struktur dan tabel dibawah ini.

Contoh:

1.    Ciri-ciri perkantoran di PT. GAS MADURA PRATAMA
Ø Sedangakan untuk menetapkan pekerjaan disana menurut bapak hosain selaku manajer sebelumnya sudah ada tes sesuai dengan jurusan masing-masinag, setelah seorang manajer melakukan tes baru beliau manentukan pekerjaannya.
Ø Pergantian tenaga pekerja disini merupaka orang yang lalai untuk bekerja sehingga seorang manajer akan memberikan peringatan dan jika sudah parah manajer akan memecat karyan tersebut.

2.    Prinsip perkantoran di PT. GAS MADURA PRATAMA
Ø Sebuah organisasi pasti ada ada sebuah tujuan Sedangkan tujuan organisasi disana merupakan untuk memberikan layanan kepada masyarakat dalam ketersediaan LPG ini kepada masyarakat.
Ø  Dan organisasi disana sudah diberikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuannnya.
a.    Sentralisasi
Pengawasan di kantor disini seorang manajer kepeda bawahannya seperti operasinal dan admin dan juga mengawasi karyawan-karyawan yang lain
1.      Keuntungan sentralisasi
Ø  Keuntungan sentralisasi disini agar karyawan semangat
Ø   Dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik
2.      Kerugian sentralisasi
Ø  Terjadi ketakutan ketika ada pengawasan, karena takut salah
Ø  Dan sebagainya 

       C.       Kesimpulan
   Organisasi adalah sekelompok orang atau lebih,dan juga organisasi perkantoran adalah kerangka dalam institute atau sekelompok orang dapat bertindak dalam sebuah perkantoran sangatlah di butuhkan organisasi karna organisasi akan membuat sebuah tatanan serta struktur bagi staf staf untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan.
   Dalam sebuah organisasi mempunyai dan disini merupakan cirri dan prinsip perkantoran ciri-ciri perkantoran tersebut merupakan adanya pengendlian usaha,dan pergantian tenaga dan dalam prinsip organisasi perkantoran merupakan landasan atau pijakan yang sering disebut sebagai refrensi utama dalam memulai pelaksanaan kegiatan organisasi dan prinsip organisasi terdiri dari, prinsip tujuan kesatuan fungsi prinsip hubungan individual,prinsip kesederhanaan.
Adapun organisasi perkantoran di PT. GAS MADURA PRATAMA di sana ada dua bagian 1) Direktur 2) manajer dan keduanya mempunyai tanggung jawab masing-masing  kepada bawahannya. Dan juga ada pengawasan yang dilakukan oleh manajer kepeda operasional dan adminitrasi dan keduanya mengawasi bawahannya.



[1] Anton Atoillah Dasar Dasar Manajemen.(Bandung Pustaka Setia.2010)hlm.169
[2] Moekijat.Administrasi Perkantoran(Jawa Timur.MandarMaju.1989)hlm.5
[3] .Patria Handock dkk.Manajemen Perkantoran( Jakarta Crips Publications 2010)hlm39
[4] Ibid hlm 182
[5]Ibid hlm 05