Proses komonikasi primer adalah proses
penyampaian fikiran atau perasaan seseorang terhadap orang lain dengan
menggunakan lambing sebagai symbol media lambing sebagai media primer sebagai
media komonikasi bahasa,kiat,isyarat,gambar warna dan lain sebagainya.
1. Pendahuluan
Komonikasi adalah proses penyampaian
pikiran informasi memahami pesan yang diterimanya pada suatu kantor informasi
dari atasan atau bawahan,mengenai pekerjaan yang harus di lakukan oleh karyawan
atau staf staf yang ada di kantor.agar terbina kerjasama yang baik dalam
penyampaian tujuan.
Komonikasi merupakan sebuah proses
penyampaian informasi yang sangat penting dalam aspek kehidupan .komonikasi
yang di bicarakan adalah komonikasi kantor.yaitu komonikasi yang terjadi
langsung di kantor pada prinsipnya adalah pertukaran idea tau gagassan secara
sederhana kegiatan komonikasi di pahami sebagai kegiatan penyampaian serta
penerimaan pesan atau ide dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan untuk
mencapai kesamaan pandangan atas ide yang di pertukarkan serta informasi dalam
perencanaan.
2. Pembahasan
Kata
komonikasi berasal dari bahasa latin ,yaitu “commonis” yang berarti sama
disini adalah sama makna jadi
komonikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dari pengirim(sender) kepada
penerima(receiver atau audience) komonikasi berifat tidak dapat di ulang.
Artinya komonikasi yang di sampaikan harus di pertanggung jawabkan
Elemen
Elemen komonikasi terdiri dari
·
Manusia ( people)pengirim (sender)dan
penerima(receiver atau audience)
·
Pesan pesan(massage)
·
Saluran saluran(channels) baik saluran secara formal yang terstruktur,terjadwal
dan di atur dan saluran informal(yang tidak di sengaja)
·
Gangguan(noise) atau barrier[1]
3. Proses Komonikasi
a.Primer
Proses
komonikasi primer adalah proses penyampaian fikiran atau perasaan seseorang
terhadap orang lain dengan menggunakan lambing sebagai symbol media lambing
sebagai media primer sebagai media komonikasi bahasa,kiat,isyarat,gambar warna
dan lain sebagainya.
b.Sekunder
Proses komonikasi secara sekunder penyampaian
pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana
sebagai media dalam penyampaian informasi
Berdasarkan
hasil observasi saya di kantor BMT MAWADDAH PANYEPPEN
Menurut
saya proses penyampaian informasi di kantor BMT Memakai proses komonikasi
sekunder dan primer baik dalam menyampaikan komonikasi terhadap karyawan atau
staf staf yang ada di kantor tersebut
Adapun
proses penyampaian atau informasi terhadap karyawan dilakukan dengn menggunakan
telepon seluler serta gambar gambar yang di tempelkan di gedung .sedangkan
untuk nasabah berupa brosur brosur yang telah di sediakan oleh pihak BMT dan
juga sarana yang ada.
CONTOH
PENYAMPAIAN INFORMASI TENTANG KANTOR
TERHADAP NASABAH
a.Selayang
pandang tentang BMT
BMT Mawaddah adalah unit usaha
koperasi Al iqtishod Lil Mu’ammalah (KOIM)PP MIFTAHUL ULUM PANYEPPEN PAMEKASAN.
Yang bergerak dalam usaha pengelolaan dan mendaya gunakan dana ummat serta
mengembangkan usaha usaha produktif dan infestasi untuk terwujudnya ummat yang
sejahtera sesuai dengan ajran islam[2]
b.
Penyampaian komonikasi atau informasi dari kantor terhadap nasabah
Berikut ini merupakan informasi
terhadap nasabah yang mau berinvestasi atau sistem pinjam terdiri dari prosedur
yang telah di rencanakan dan di tentukan.
Ø
Produk usaha tabungan
Ø
Syarat produk tabungan
Ø
Produk Pembiayaan
Ø
Syarat produk pembiayaan
Adapun
pola kepemimpinan dalam menyampaikan komonikasi yaitu komonikasi hori zontal
Klasifikasi
Komonikasi
1. Sistem
komonikasi tulisan (written comonication)
2.
Sistem komonikasi lisan(oral comonicatio)
3.
Sistem komonikasi mekanis(mekanikal sistem)
4. Sistem
panggilan tugas
Di
BMT ini berdasrkan klasifikasi komonikasi nya dipakai semua untuk menyampaikan
informasi terhadap kryawan serta masyarakat dan nasabah
4. Tujuan
Komonikasi
Menurut riant nugroho
komonikasi menciptakan pemahaman bersama atau mengubah persepsi.bahkan
perilaku.akan tetapi komonikasi tidak hanya menyampaikan informasi saja.akan
tetapi komonikasi di lakukan seseorang dengan pihak lainya dalam upay membentuk
suatu makna serta mengembangkan harapan harapan nya.dengan demikian komonikasi
mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan betapa efektifnya orang
orang bekerja sama dalam mengkordinasikan tujuan komonikasi baik dlam sistem
informasi perkantoran tentang peraturan serta pemasaran dalam memajukan kantor
tersebut.
Pada umumnya tujuan komonikasi
adalah
Ø Supaya
yang di sampaikan dapat mengerti.sebagai koonikator kita harus menjelaskan
kepada komonikan (penerima) dengan sebaik baiknya dengan tuntas sehingga mereka
mengerti apa yang kita maksud dan yang dijelaskan
Ø Memahami
orang lain kita sebagai komonikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat
tentang apa yang di inginkan kemauanya.
Ø Supaya
gagaan dapat di terima orang lain kita berusaha agar gagasan di terima orang
lain dengan pendekatan persuasive bukn pendekatan kehendak.
5. Fungsi komonikasi dalam perkantoran
Ø Instructive
Komonikasi dalam hal ini berfungsi untuk member perintah dari atasan terhadap
bawahan
Ø Informative
Komonikasi dalam hal ini berfungsi untuk enyampaikan informasi berita dari
pesan pesan lainya.
Ø Influencing
Komonikasi dalam hal ini komonikasi untuk memberikan saran saran nasihat dari
seseorang terhadap orang lain.
Ø Evaluative
komonikasi yang berfungsi untuk menyampaikan laporan dari atasan terhadap
bawahanya.
KESIMPULAN
Komonikasi
adalah proses penyampaian pikiran informasi memahami pesan yang diterimanya
pada suatu kantor informasi dari atasan atau bawahan,mengenai pekerjaan yang
harus di lakukan oleh karyawan atau staf staf yang ada di kantor.agar terbina
kerjasama yang baik dalam penyampaian tujuan.
Kata komonikasi berasal dari bahasa latin
,yaitu “commonis” yang berarti
sama disini adalah sama makna jadi komonikasi adalah
sebuah proses penyampaian pesan dari pengirim(sender) kepada penerima(receiver
atau audience) komonikasi berifat tidak dapat di ulang. Artinya komonikasi yang
di sampaikan harus di pertanggung jawabkan
Menurut riant nugroho
komonikasi menciptakan pemahaman bersama atau mengubah persepsi.bahkan
perilaku.akan tetapi komonikasi tidak hanya menyampaikan informasi saja.akan
tetapi komonikasi di lakukan seseorang dengan pihak lainya dalam upay membentuk
suatu makna serta mengembangkan harapan harapan nya.dengan demikian komonikasi
mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan betapa efektifnya orang
orang bekerja sama dalam mengkordinasikan tujuan komonikasi baik dlam sistem
informasi perkantoran tentang peraturan serta pemasaran dalam memajukan kantor
tersebut.