Perencanaan pada
dasarnya merupakan sebuah proses kegiatan yang menyiapkan secara sistematis
kegiata kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai
salah satu fungsi fungsi manajemen lainnya.
Perencanaan mempunyai
unsur yang sangat komplek sehingga perencanaan didefinisikan secara bermacam macam tergatung dari latar
belakang, sudut pandang, pendekatan yang digunakan.[1]
Di dalam kantor terdapat ruang kerja
yang memang di buat untuk memudahkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan karena
itu,sebaiknya area ini di letakkan di tempat yang terpisah dari fungsi lain
agar kegiatan kerja yang memerlukan konsentrasi itu tidak terganggu.
Tata ruang kantor merupakan hal penting dalam manajemen perkantoran. Tata
rung kantor yang baik akan memberikan banyak keuntungan atau manfaat bagi
organisasi yang bersangkutan di dalam menyelesaikan pekerjaan. Tatar ruang
kantor yang baik juga akan memberikan penyempurnaan tugas-tugas kantor dan akibatnya mekanisme kerja dapat
berjalan dengan lancar, kondisi tempat kerja yang menyenangkan dapat meningkat.
Kata Kunci: Perencanaan, Ruang Kerja, Tata Ruang, Perkantoran.
Pendahuluan
Perencanaan dalam menejemen diartikan
sebagai suatu proses mendifinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk
mencapai suatu tujuan dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. [2]
Perencanaan tata ruang adalah suatu proses
untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan
penetapan rencana tata ruang, sedangkan perencanaan tata ruang dalam
perkantoran adalah proses untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang
di susun dan penetapan tata ruang tersebut melalui proses perencanaan agar
suatu rencana aktivitas kerja tersebut tercapai dengan baik.[3]
Sebuah unit
perkantoran tidak bisa berfungsi dengan
baik tanpa adanya perbekalan kantor, perabotan kantor dan alat-alat kantor yang
memadai yang sesuai dengan kebutuhan
perkantoran. Selain fungsi dan peranan sumber daya manusia, untuk mencapai
kelancaran dalam suatu pekerjaan juga sangat tergantung pada sarana dan
prasarana serta sistem pengelolaan yang efektif dan efisien.
Perencanaan Tata Ruang Perkantoran Di
Kantor Posbakomadin
Pamekasan
Tata ruang kantor disusun berdasarkan suatu aliran pekerjaan kantor
sehingga perencanaan ruangan kantor dapat membantu para pekerja dalam
meningkatkan produktifitas kerja dalm kantor. Selain itu pengaturan tata ruang
kantor yang baik akan memberikan keuntungan-keuntungan tersendiri pada kantor
tersebut, diantaranya seperti:
·
Dapat Mencegah
penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena berjalan mondar mandir yang
sebetulnya tidak perlu,
·
menjamin kelancaran proses pekerjaan yang
bersangkutan,
·
memungkinkan pemakian ruang kerja secara
efisien. Yaitu seperti luas lantai, meja kerja, ruang kerja tentu dapat
dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak-banyaknya serta mencegah para
pegawai dibagian lain terganggu oleh publik yang akan memenuhi suatu bagian
tertentu.
Dalam proses perencanaan
tata ruang terdapat beberapa bentuk tata ruang. Dari beberapa bentuk tata ruang
yaitu:
Ø
Tata ruang Tertutup
Merupakan tata ruang yang
berbentuk kamar, yakni setiap karyawan memiliki Ruangan Masing-Masing
Ø
Tata ruang Terbuka dan
Merupakan tata ruang yang
mana semua karyawan berada dalam satu ruang. Dan bentuk penempatan tempat
duduknya itu berhadap-hadapan
Ø
Tata ruang Berpanorama
Dibagi menjadi dua bagia ada yang terbuka dan ada yang tertutup sedangkan
yang terbuka ruang kantornya di desain seperti taman yang dijadikan ruang
kantor. Sedangkan yang tertutup berkamar akan tetapi diletakkan beberapa
lukisan atau fase bunga di dalam ruangan tersebut agar merasa nyaman dengan
adanya hiasan tersebut.
Adapun dari hasil Obsevasi
yang saya temukan dikantor POSBAKOMADIN di Pamekasan disana penataan ruangannya
termasuk Ruang Terbuka. Karena disan yang saya temukan meja ketua
manajer berada dalam satu ruang dengan meja karyawan yang lain. Dan bentuk
Penyusunanya
Adapun dari gambar diatas merupakan gambaran kecil dari Ruang kerja Manajer
dan Karyawan.
Dan ada salah satu
karyawan yang bernama ”Mohammad Yasin” kemaren sempat saya wawancarai terkait
dengan penataan ruangannya yang menggunakan sistem ruang terbuka. Beliau
menyatakan bahwasannya apabila dikantornya tersebut menggunakan ruang tertup
maka akan sangat sulit sekali bagi rekan-rekan kerjanya untuk berinteraksi
dengan atasannya(manajernya) apabila ada orang yang bermasalah dengan hukum
seperti ketika ada orang yang mengajukan perceraian dsb, dan sulit untuk
bersosial sesama teman kerja kantor/ Office.
Karena disana manajer kantor
dan karyawan kantor dalam melaksanakn tugasnya dilakukan bersama di ruang
sidang yang ada pada kantor tersebut.
Daftar Pustaka
Saefullah. Manajemen pendidkan islam. [Pustaka
setia: bandung . 2012]. Hlm 276
http://id.m.wikipedia./wiki/perencanaan
Kurniadin, Didin
& Imam Machali. Manajemen Pendidikan.(Jogjakarta, AR-Ruzz
Media.2012)