Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Perencanaan Tata Ruang Perkantoran Di Kantor Posbakomadin Pamekasan

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
Perencanaan pada dasarnya merupakan sebuah proses kegiatan yang menyiapkan secara sistematis kegiata kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai salah satu fungsi fungsi manajemen lainnya.
Perencanaan mempunyai unsur yang sangat komplek sehingga perencanaan didefinisikan  secara bermacam macam tergatung dari latar belakang, sudut pandang, pendekatan yang digunakan.[1]
Di dalam kantor terdapat ruang kerja yang memang di buat untuk memudahkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan karena itu,sebaiknya area ini di letakkan di tempat yang terpisah dari fungsi lain agar kegiatan kerja yang memerlukan konsentrasi itu tidak terganggu.
Tata ruang kantor merupakan hal penting dalam manajemen perkantoran. Tata rung kantor yang baik akan memberikan banyak keuntungan atau manfaat bagi organisasi yang bersangkutan di dalam menyelesaikan pekerjaan. Tatar ruang kantor yang baik juga akan memberikan penyempurnaan tugas-tugas  kantor dan akibatnya mekanisme kerja dapat berjalan dengan lancar, kondisi tempat kerja yang menyenangkan dapat meningkat.

Kata Kunci: Perencanaan, Ruang Kerja, Tata Ruang, Perkantoran.

Pendahuluan
Perencanaan dalam menejemen diartikan sebagai suatu proses mendifinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai suatu tujuan dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. [2]
Perencanaan tata ruang adalah suatu proses untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang, sedangkan perencanaan tata ruang dalam perkantoran adalah proses untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang di susun dan penetapan tata ruang tersebut melalui proses perencanaan agar suatu rencana aktivitas kerja tersebut tercapai dengan baik.[3]
Sebuah unit perkantoran  tidak bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya perbekalan kantor, perabotan kantor dan alat-alat kantor yang memadai yang  sesuai dengan kebutuhan perkantoran. Selain fungsi dan peranan sumber daya manusia, untuk mencapai kelancaran dalam suatu pekerjaan juga sangat tergantung pada sarana dan prasarana serta sistem pengelolaan yang efektif dan efisien.
Perencanaan Tata Ruang Perkantoran Di Kantor Posbakomadin
Pamekasan
Tata ruang kantor disusun berdasarkan suatu aliran pekerjaan kantor sehingga perencanaan ruangan kantor dapat membantu para pekerja dalam meningkatkan produktifitas kerja dalm kantor. Selain itu pengaturan tata ruang kantor yang baik akan memberikan keuntungan-keuntungan tersendiri pada kantor tersebut, diantaranya seperti:
·         Dapat Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena berjalan mondar mandir yang sebetulnya tidak perlu,
·          menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan,
·          memungkinkan pemakian ruang kerja secara efisien. Yaitu seperti luas lantai, meja kerja, ruang kerja tentu dapat dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak-banyaknya serta mencegah para pegawai dibagian lain terganggu oleh publik yang akan memenuhi suatu bagian tertentu.
Dalam proses perencanaan tata ruang terdapat beberapa bentuk tata ruang. Dari beberapa bentuk tata ruang yaitu:
Ø  Tata ruang Tertutup
Merupakan tata ruang yang berbentuk kamar, yakni setiap karyawan memiliki Ruangan Masing-Masing
Ø  Tata ruang Terbuka dan
Merupakan tata ruang yang mana semua karyawan berada dalam satu ruang. Dan bentuk penempatan tempat duduknya itu berhadap-hadapan
Ø  Tata ruang Berpanorama
Dibagi menjadi dua bagia ada yang terbuka dan ada yang tertutup sedangkan yang terbuka ruang kantornya di desain seperti taman yang dijadikan ruang kantor. Sedangkan yang tertutup berkamar akan tetapi diletakkan beberapa lukisan atau fase bunga di dalam ruangan tersebut agar merasa nyaman dengan adanya hiasan tersebut.
Adapun dari hasil Obsevasi yang saya temukan dikantor POSBAKOMADIN di Pamekasan disana penataan ruangannya termasuk Ruang Terbuka. Karena disan yang saya temukan meja ketua manajer berada dalam satu ruang dengan meja karyawan yang lain. Dan bentuk Penyusunanya



Adapun dari gambar diatas merupakan gambaran kecil dari Ruang kerja Manajer dan Karyawan.
Dan ada salah satu karyawan yang bernama ”Mohammad Yasin” kemaren sempat saya wawancarai terkait dengan penataan ruangannya yang menggunakan sistem ruang terbuka. Beliau menyatakan bahwasannya apabila dikantornya tersebut menggunakan ruang tertup maka akan sangat sulit sekali bagi rekan-rekan kerjanya untuk berinteraksi dengan atasannya(manajernya) apabila ada orang yang bermasalah dengan hukum seperti ketika ada orang yang mengajukan perceraian dsb, dan sulit untuk bersosial sesama teman kerja kantor/ Office.
Karena disana manajer kantor dan karyawan kantor dalam melaksanakn tugasnya dilakukan bersama di ruang sidang yang ada pada kantor tersebut.

  
Daftar Pustaka
Saefullah. Manajemen pendidkan islam. [Pustaka setia: bandung . 2012]. Hlm 276
http://id.m.wikipedia./wiki/perencanaan
Kurniadin, Didin & Imam Machali. Manajemen Pendidikan.(Jogjakarta, AR-Ruzz Media.2012)



[1] Didin Kurniadin & Imam Machali. Manajemen Pendidikan.(Jogjakarta, AR-Ruzz Media.2012), Hlm.139
[2] Saefullah, M.M. Pd. Manajemen pendidkan islam. [Pustaka setia: bandung . 2012]. Hlm 276
[3] http://id.m.wikipedia./wiki/perencanaan