BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan merupakan suatu
proses perubahan seorang individu untuk lebih maju. Dalam proses ini banyak
dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu yaitu, pendidikan, pergaulan,
lingkungan, keluarga dan lain-lainnya. Misalnya kita setiap hari banyak menemui orang-orang, yang satu baik dan
aktif, yang satu terbilang nakal. Apa pandangan terhadapnya? Tentu berbeda
bukan?
Fakta dalam keseharian itu yang memunculkan pertanyaan. Mengapa dia demikian? Apa penyebabnya? Para ahli yang mendalami hal ini memiliki pandangan-pandangan yang berbeda. Karena itu, terbentuk aliran-aliran atau paham tertentu tentang faktor yang mempengaruhi perkembangan.
Fakta dalam keseharian itu yang memunculkan pertanyaan. Mengapa dia demikian? Apa penyebabnya? Para ahli yang mendalami hal ini memiliki pandangan-pandangan yang berbeda. Karena itu, terbentuk aliran-aliran atau paham tertentu tentang faktor yang mempengaruhi perkembangan.
B. RUMUSAN MASALAH
a. Apa itu perkembangan?
b. Apa saja faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan?
C. TUJUAN MASALAH
a. Mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan
b. Mengetahui hubungan dari faktor
nature terhadap perkembangan dan nuture dalam perkembangan aspek-aspek
spikofisis individu serta implikasinya dalam pendidikan sebagai refleksi dari
aliran konvergensi.
BAB II
PEMBAHASAN
a. Definisi Perkembangan
Dalam usaha memahami psikologi
perkembangan, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan perkembangan.
Mulanya kata perkembangan berasal dari biologi, kemudian pada abad ke-20 ini
kata perkembangan dipergunakan oleh psikologi. Karena penggunaannya
pertama-tama dalam biologi, pada masa berikutnya ada ahli-ahli yang menyebut
pertumbuhan di samping kata perkembangan, bahkan ada orang yang menyebut kedua
istilah itu untuk maksud yang sama.
Istilah perkembangan berarti
serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses
kematangan dan pengalaman (Hurlock 1976 : 2). (Seifert dan
Hoffnung 1994 : 9) mendefinisikan perkembangan sebagai “Long-term changes
in a person’s growth feelings, patterns of thinking, social relationships, and
motor skills”. Sementara itu, (Dianie E papalia 2008 : 3) mengartikan
perkembangan sebagai perubahan yang berkesinambungan dan progresif dalam
organisme dari lahir sampai mati, pertumbuhan, perubahan dalam bentuk dan dalam
integrasi dari bagian-bagian jasmaniah ke dalam bagian-bagian fungsional, dan
kedewasaan atau kemunculan pola-pola asasi dari tingkah laku yang tidak
dipelajari.
Makna perkembangan sangatlah
banyak akan tetapi tetap satu tujuan. Perkambangan ialah perubahan yang
sistematis, progresif, dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir
hingga akhir hayatnya. Perkembangan manusia melalui tahapan yang sistematis
dalam urutan tertentu yang bersifat serial.[1]
Perkembangan dapat dibagi menjadi
3, yaitu:
a.
Perkembangan Motorik
Perkemabangan “motor
development’’: suatu proses berjalan dengan bertambahnya usia – secara bertahap
dan berkesinambungan. Kemampuan motorik individu dapat meningkat dari
sederhana, tidak terorganisasi, tidak terampil menjadi individu yang dapat
memiliki kemampuan motorik yang kompleks, mumpuni, kapabel/ terampil.
Perkembangan motorik dipengaruhi
oleh faktor-faktor dibawah ini:
1.
Kesiapan belajar.
2.
Kesempatan belajar.
3.
Kesempatan berpraktek.
4.
Model yang baik.
5.
Bimbingan.
6.
Motivasi.
b.
Perkembangan Kognitif
Kognitif berarti kemampuan individu
untuk mengembangkan kemampuan rasional (akal). Kemampuan kognitif lebih
mengarah kepada kemampuan individu untuk menggunakan akal fikirannyadalam
melakukan interaksi dengan orang lain.
Faktor yang berpengaruh dalam
perkembangan kognitif, yaitu:
1.
Fisik.
2.
Kematangan.
3.
Pengaruh sosial.
4.
Proses pengaturan diri yang disebut ekuilibrasi.
c.
Perkembangan Moral
Moral berasal dari kata latin
“mores” yang berarti tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku sikap moral
berarti perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial, yang
dikembangkan oleh konsep moral. Yang dimaksud dengan konsep moral ialah
peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.
Terdapat beberapa faktor yang
memberikan pengaruh terhadap pembetukan moral.
1.
Harmonisasi hubungan antara orang tua dan anak.
2.
Penggambaran model-model atau figur-figur yang menjadikan anak ingin
meniru.
3.
Tingkat penalaran seseorang sangat berpengaruh terhadap perkembangan moral
anak.
4.
Faktor interaksi sosial dalam memberi kesepakatan pada anak untuk
mempelajari dan menerapkan standart perilaku yang disetujui masyarakat,
keluarga, sekolah, dan dalam pergaulan dengan orang lain.
Setiap individu mengalami perkembangan, yang meliputi
seluruh aspek dan keadaan yang terdapat dalam individu, baik yang bersifat
nyata maupun yang tidak tampak. Sumadi Surya Brata mendefinisikan perkembangan
sebagai suatu perubahan kearah yang lebih maju dan lebih dewasa, yang secara
tekhnis perubahan itu biasanya disebut proses. Jadi pada garis besarnya
perkembangan itu adalah suatu proses. Proses itu pada pokoknya mengikuti konsep
yang didasarkan pada[2]:
1. Aliran Asosiasi
Aliran ini berpandangan bahwa dalam perkembangan jiwa,
yang pokok adalah bagian-bagian. Bagian-bagian itu ada terlebih dahulu,
sedangkan keseluruhan diketahui kemudian. Bagian-bagian itu terikat satu dengan
yang lainnya menjadi satu keseluruhan menjadi asosiasi. Tokoh yang terkenal
aliran ini adalah John Locke dengan teori tabularasanya. Ia menegaskan bahwa
anak terlahir dengan bersih, seperti selembar kertas putih, yang nantinya
terisikan dengan pangalaman-pengalaman.
2. Aliran Gestalt
Istilah “Gestalt” mengacu pada sebuah objek/figur yang utuh
dan berbeda dari penjumlahan bagian-bagiannya.
Aliran Gestalt muncul di Jerman sebagai kritik terhadap
strukturalisme Wundt. Pandangan Gestalt analisis dan penguraian jiwa kedalam
elemen-elemen yang lebih kecil karena dengan demikian, makna dari jiwa itu
sendiri berubah sebab bentuk kesatuannya juga hilang.
3. Aliran Sosiologis
Para ahli yang mengikuti aliran sosiologis menganggap
bahwa perkembangan adalah proses sosialisasi. Anak manusia pada awalnya
bersifat sosial (barangkali untuk tepatnya dapat disebut prasosial) yang
kemudian dalam perkembangannya sedikit demi sedikit disosialisasikan.[3]
Menurut Arlen F. Harder (2009), delapan tahap
perkembangan berikut ini :
1. Fase bayi : sejak lahir sampai
usia 18 bulan.
2. Fase usia dini : usia 18 bulan sampai 3 tahun.
3. Fase bermain : umur 3-5 tahun.
4. Fase sekolah : umur 6-12 tahun.
5. Fase remaja : umur 12-18 tahun.
6. Fase dewasa muda : umur 18-35
tahun.
7. Meski harus diakui, saat ini
banyak yang tidak memulai kekeluargaan sampai mereka berusia tiga puluhan.
8. Fase dewasa tengah : umur 35
sampai dengan 55 atau (mungkin bahkan usia 65 tahun).
9. Dewasa akhir : umur 55 atau 65
tahun hingga kematian.[4]
b. Tugas Perkembangan
Tugas perkembangan didefinisikan oleh Havighurts sebagai
berikut. Suatu tugas perkembangan ialah tugas yang timbul pada alam di sekitar
suatu periode tertentu daripada kehidupan seseorang; kemajuan yang baik dalam
tugas akan membawa kebahagiaan dan akan berhasil dalam tugas-tugas yang akan
datang, sedangkan kegagalan akan membawa kekecewaan pada seseorang, penentangan
dari masyarakat, dan akan menemui kesukaran dalam tugas-tugas berikutnya.
Adapun sumber daripada tugas-tugas perkembangan meliputi:
1. Kematangan jasmaniah, misalnya
belajar berjalan, belajar bersikap yang pantas terhadap teman dan jenis kelamin
pada masa remaja, serta penyesuaian diri pada saat menopause dimasa dewasa
lanjut (untuk perempuan).
2. Tugas-tugas yang berasal dari
tekanan budaya dari masyarakat, misalnya belajar membaca dan belajar mengambil
bagian di dalam masyarakat sebagai seorang warga negara yang bertanggung jawab.
3. Nilai-nilai pribadi dan cita-cita
seseorang, yang merupakan sebagian dari kepribadiannya.[5]
c. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan
Ada tiga faktor dominan yang
mempengaruhi proses perkembangan individu, ialah faktor pembawaan (heredity)
yang bersifat alamiah (nature), faktor lingkungan (environment) yang merupakan
kondisi yang memungkinkan berlangsungnya proses perkembangan (nurture), dan
faktor waktu (time) yaitu saat-saat tibanya masa peka atau kematangan
(maturation).[6]
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi perkembangan diantaranya:
1. Aliran Nativisme.
Menurut Arthur Scopenheur
(1788-1860) aliran ini meyakini bahwa perkembangan manusia dipengaruhi oleh
pembawaan yang diterima dari orang tuanya, sedangkan pengalaman/lingkungan
tidak berpengaruh sama sekali.
Pewarisan genetik dimulai dari pertemuan antara 24
kromosom dari pihak ayah dan 24 kromosom dari pihak ibu. Keempat puluh delapan
kromosom itu bercampur dan berinteraksi membentuk pasangan-pasangan baru.
2. Aliran Empirisme
Aliran empirisme adalah kebalikan dari aliran Nativisme.
Tokoh terkemuka aliran ini adalah John Lock (1632-1704). Paham utama aliran ini
adalah “tabularasa” suatu istilah dari bahasa latin yang berarti lembaran
kosong. Paham ini mengajarkan bahwa semua anak terlahir dalam keadaan kosong
tanpa membawa bakat, intelegensi dan pembawaan. Dengan kata lain bahwa
perkembangan manusia hanya tergantung kepada lingkungan dan pendidikan,
sedangkan pembawaan tidaklah mempengaruhinya sama sekali.
3. Aliran Konvergensi
Aliran ini merupakan perpaduan antara kedua aliran
tersebut diatas. Para penganut aliran ini berkeyakinan baik faktor pembawaan
maupun faktor lingkungan sama-sama mempunyai pengaruh terhadap perkambangan
anak. Jadi menurut aliran ini dalam perspektif Pendidikan Agama Islam,
seseorang yang lahir dari keluarga yang agamis dan baik, akan menjadi orang
yang agamis dan baik jika mendapatkan
pendidikan yang baik juga.
Namun bukan juga berarti kedua faktor ini berlaku mutlak,
karena sebenarnya masih ada lagi faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan
seseorang, yaitu potensi psikologis tertentu yang tersimpan rapi dalam diri
siswa dan sulit diintifikasikan. Setiap orang memiliki self direction dan self
discipline yang memungkinkan dirinya bebas memilih antara mengikuti atau
menolak suatu lingkungan yang akan mengembangkannya.[7]
Kematangan dalam belajar melibatkan beberapa faktor
bersama-sama yang membentuk readiness, yaitu:
a. Perlengkapan dan pertumbuhan
fisiologis, termasuk kelengkapan pribadi tubuh, alat-alat indra, dan kapasitas
intelektual.
b. Motivasi: Menyangkut kebutuhan,
minat, serta tujuan-tujuan individu untuk mempertahankan serta mengembangkan
diri.
Kedua hal diatas merupakan potensi
peserta didik yang memungkinkan dirinya bebas memilih antara mengikuti atau
menolak sesuatu dari stimulus lingkungan
tertentu yang hendak mengembangkan dirinya. Tinggi rendahnya mutu hasil
perkembangan peserta didik terdiri dari 2 faktor:
1. Faktor intern, yaitu faktor yang
ada dalam diri peserta didik yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis
tertentu yang turut mengembangkan dirinya.
2. Faktor ekstern: faktor yang
kaitannya dengan hal-hal yang datang dari luar diri siswa baik lingkungan,
pendidikan, dan pengalaman yang dilaluinya.[8]
BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
Perkembangan berdasarkan definisi
diatas, dapat ditegaskan bahwa perkembangan adalah perubahan jasmani dan rohani
menuju kesempurnaan. Dalam pandangan sebagian ahli terdapat perbedaan antara
pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan mengarah kepada perubahan secara
kuantitatif, perubahan panjang, lebar, besar, luas yang bersifat dhahir.
Pertumbuhan akan terhenti pada saat manusia mencapai kedewasaan. Adapun
perkembangan lebih bersifat kualitatif yang mengarah pada fungsi organ-organ
jasmaniyah. Perkembangan akan terus berlangsung hingga manusia itu mati.
Sebagian tokoh terkenalpun
mengatakan bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan ialah dari segi
lingkungan/pengalaman, dan ada juga yang menyatakan bahwa lingkungan dan pendidikan sebagai faktor yang mempengaruhi
lingkungan.
[1] Sudarwan dan
Khairil, Psikologi Pendidikan ,
(Bandung : Alfabeta, 2010), hlm. 69
[2] Sumadi
Subyabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 2002),
hlm. 170
[3] Muchlis
Solichin, Psikologi Belajar,
(Surabaya : Pena Salsabila, 2013),
hlm. 18
[4] Ibid, hlm. 71-75
[5] Baharuddin, Pendidikan
dan Psikologi Perkembangan, (Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2009), hlm. 78-79
[6] Abin
Syamsuddin, Psikologi Kependidikan, (Bandung , PT. Remaja Rosdakarya, 2009 ), hlm.170
[7]Ibid, hlm.23-24
[8] Ibid, hlm, 74