Selamat Datang di Blog Kami. Blog ini meyediakan berbagai macam informasi seputar Pendidikan, Karya Tulis Ilmiah,Dan lain-lain. Membangun Indonesia Melalui Pendidikan

Makalah Tentang Memahami Pengembangan Metode Pengajaran Sekolah dalam Pendidikan Agama Islam

Untuk Mendapatkan File Makalah atau Artikel dibawah ini, Silahkan Klik Download! download
  
Metode pendidikan islam dalam penerapannya banyak menyangkut wawasan keilmuan pendidikan yang bersumber pada al-quran dan hadis. Bila kita pahami metode sebagai  suatu subsistem ilmu pendidikan islam yang berfungsi sebagai  alat pendidikan maka seluruh firman tuhan dalam al-quran sebagai sumber ilmu pendidikan islam yang mengandung implikasi-implikasi metodologis yang komprehensif mencakup semua aspek kemungkinan pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia. 

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar  belakang
 Metode dalam pendidikan islam menjadi hal terpenting untuk dikaji lebih detail, karena ilmu ini memberikan dampak positif pada setiap pengajar /guru. Dalam mengembangkan keilmuannya yang secara langsung disimak dan di ikuti, serta akan diterapkan oleh anak  didik. Kajian ini mempermudah dalam mengatur cara dan tehnik dalam proses pembelajaran sehingga guru mempunyai peluang besar dalam mencapai suatu tujuan yang tidak lain untuk meraih keberhasilan dalam proses pembelajaran.
Metodologi pendidikan islam dalam penerapannya banyak menyangkut wawasan keilmuan pendidikan yang bersumber pada al-quran dan hadis. Didasarkan atas sistem pendekatan dari berbagai disiplin keilmuan, suatu metode pendidikan baru dapat diterapkan secara efektif, manakala perkembangan anak didik dipandang dari berbagai aspek perkembangan kehidupannya.
Metodologi pendidikan islam mendorong manusia terutama para pengajar  untuk menggunakan akal pikirannya dalam menelaah dan mempelajari gejala kehidupannya sendiri dan kehidupan alam sekitarnya. Sehingga metode ini sangat mendukung untuk masa depan anak didik. Kajian ini sedikit banyak akan memberikan motivasi dan cara-cara dalam metode pembelajaran yang harus diterapkan dan dikembangkan dalam lembaga pendidikan.

B.     Rumusan masalah         
1.      Jelaskan definisi metodologi pendidikan islam secara etimologi dan terminologi?
2.      Bagaimana pendapat para tokoh mengenai metodologi pendidikan islam itu sendiri?
3.      Apa saja aspek dalam kemungkinan pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia?
4.      Jelaskan macam-macam metodologi dalam pendidikan islam?
5.      Apa tujuan, tugas dan fungsi metode pendidikan islam?

C.    TUJUAN
Kajian ini  disusun agar dapat memberikan pengetahuan baru sehingga dapat diterapkan dan dikembangkan sesuai  metode yang sudah tercantum dalam makalah ini, dengan harapan  para pembaca dapat memahami dan mengkaji ilmu ini dengan sungguh –sungguh.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian metode dalam pendidikan islam
             Metode  memiliki arti suatu jalan yang dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Metode berasal dari dua perkataan yaitu meta dan hodos. Meta berarti “melalui”, dan hodos berarti”jalan atau cara”. Bila ditambah dengan logi akan menjadi metodologi yang berarti “ilmu pengetahuan c jalan atau cara yang harus dilalui” logi berasal dari bahasa greek (yunani) logos beraati “akal “ atau “ilmu”.
Ø  Secara etimologi, istilah metodologi berasal dari bahasa yunani, yaitu “methodos”  berarti cara, kiat, dan seluk beluk yang berkaitan dengan upaya menyelesaikan sesuatu . dan “logos” berarti ilmu pengetahuan, cakrawala, dan wawasan
Ø  Secara terminologi, metode pendidikan islam dapat didefinisikan sebagai berikut:
·         Metode pendidikan islam adalah prosedur umum dalam penyampaian materi untuk mencapai tujuan pendidikan yang didasarkan pada asumsi tertentu tentang hakikat islam sebagai supra sistem.[1]
·         Metodologi adalah pengetahuan tentang metode atau cara-cara  yang berlaku dalam kajian atau penelitian.
·         Metodologi pendidikan islam adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang cara penyelidikan yang dilakukan secara seksama oleh para cendikiawan muslim dalam mengkaji ilmu islam.
Ø  Pengertian metodologi pendidikan islam menurut beberapa tokoh antara lain:
·         Dr. Jamali sahrodi, mengatakan bahwa metodologi adalah pengetahuan tentang berbagai metode yang dipergunakan dalam penelitian.[2]
·                   Louay safi, mendefinisikan metodologi sebagai bidang penelitian ilmiah yang berhubungan dengan pembahasan tentang metodo-metode yang digunakan dalam mengkaji fenomena alam dan manusia, atau dengan redaksi lain,”metodologi” adalah bidang penelitian ilmiah yang membenarkan, mendeskripsikan, dan menjelaskan aturan-aturan, prosedu-prosedur sebagai metode ilmiah. [3]
·                   M. Athiyah al-brasyi, mengartikan metode sebagai jalan dilalaui untuk memperoleh pemahaman peserta didik.
          Sebagai suatu ilmu, metodologi merupakan bagian dari perangkat disiplin keilmuan yang menjadi induknya. Metodologi pendidikan islam memiliki tugas dan fungsi memberikan jalan atau cara sebaik mungkin bagi pelaksanaan operasional dari ilmu pendidikan islam tersebut. Sebagai komponen ilmu yang menunjang keberhasilan ilmu pengetahuan induknya (dalam hal ini ilmu pendidikan islam) metodologi pendidikan tidak bisa lain harus sejalan dengan substansi dan tujuan maka metodologi pendidikan tersebut tidak dapat melaksanankan tugas dan fungsinya. Keadaan yang demikian akan berakibat pada “kemandulan” ilmu pendidikan itu sendiri, dan menyebabkan ilmu tersebut tidak memiliki validitas atau keabsahan sebagai suatu disiplin keilmuan. Akibatnya ilmu pandidikan yang demikian akan statis dan tidak bisa berkembang.
          Metode pendidikan islam dalam penerapannya banyak menyangkut wawasan keilmuan pendidikan yang bersumber pada al-quran dan hadis. Bila kita pahami metode sebagai  suatu subsistem ilmu pendidikan islam yang berfungsi sebagai  alat pendidikan maka seluruh firman tuhan dalam al-quran sebagai sumber ilmu pendidikan islam yang mengandung implikasi-implikasi metodologis yang komprehensif mencakup semua aspek kemungkinan pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia.
Aspek-aspek kemungkinan pertumbuhan dan perkembangan manusia itu pada hakikatnya tercermin dalam gaya bahasa khitab  tuhan yang bersifat direktif antara lain: [4]
1.      Mendorong manusia untuk menggunakan akal pikirannya dalam menelaah dan mempelajari gejala kehidupannya sendiri dan gejala kehidupan alam sekitarnya.
2.      Mendorong manusia untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan mengaktualisasikan keilmuan dan ketaqwaannya dalam hidup sehari –hari seperti yang terkandung dalam perintah shalat, shiyam, dan jihad fisabilillah.
3.      Mendorong berjihad.
4.      Islam merupakan kebenaran yang hak.  
5.      Metode mendidik secara kelompok disebut metode mutual education.
6.      Metode pendidikan dengan menggunakan cara instruksional, yaitu yang bersifat mengajar tentang ciri- ciri orang yang beriman dalam bersikap dan bertingkah laku agar mereka dapat mengetahui bagaimana seharysnya bersikap dan berbuat sehari-hari.
7.      Metode mendidik dengan bercerita.
8.      Metode pemberian contoh dan teladan.
9.      Dan sebagainya.
Dalam proses  pembelajaran, seluruh metode mengajar  yang ada , pasti mempunyai  kelebihan dan kekurangan. Kita dapat menentukan metode mengajar  yang mana dikatakan sebagai  metode mengajar yang efektif tanpa mengetahui kriteria yang mendukung dalam pembelajaran.
Kriteria yang harus di perhatikan dalam mengajar antara lain:
     1.      Metode mengajar yang di gunakan dalam proses belajar mengajar haruslah sesuai dengan tujuan pelajaran
     2.      Metode mengajar di gunakan dalam proses melajar mengajar haruslah di sesuaikan dengan tingkat perkembangan pikiran murid.
      3.      Metode mengajar yang di gunakan dalam proses belajar mengajar tidak memerlukan waktu lama atau efesien.
     4.      Metode mengajar yang di gunakan dalam proses belajar mengajar haruslah memperhatikan kondisi sarana dan prasarana yang ada.
Dalam kegiatan ini seorang guru di tuntut agar dapat menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan kemampuan  siswa agar nantinya siswa tersebut mudah memahami dan fokus pada metode yang di ajarkan sehingga hal ini dapat menghilangkan kejenuhan pada siswa.
banyak cara yang harus di penuhi an di gali sebagai pegangan dan pengetahuan seorang guru agar  dalam proses pembelajaran tidak  ada kepasifan dalam memberikan sebuah penjelasan dan menghindari  kebosanan  bagi  siswa yang  sedang menyimak penjelasan tersebut.

       B.     macam-macam metode pendidikan islam antara lain:

1.      Metode ceramah
Suatu metode ilmiah di dalam pendidikan dimana cara menyampaikannya secara lisan. Kegiatan ini siswa dapat menyimak dan mencatat hal-hal yang penting, sesuai dengan materi yang di sampaikan, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. hal ini guru boleh memberikan selingan humor  agar siswa tidak bosan tanpa mengurangi materi yang disampaikan.
2.      Metode tanya jawab
Adalah penyampaian pelajaran dengan jalan, guru mengajukan pertanyaan dan murid menjawab sesuai dengan materi yang di tanyakan. Sehingga melatih anak didik dalam menelaah peikirannya dan berusaha untuk menyiapkan materi sebelumnya.
3.      Metode diskusi
Metode diskusi adalah suatu percakapan ilmiah oleh beberapa orang yang tergabung dalam satu kelompok untuk saling bertukar pendapat tentang suatu masalah atau bersama-sama mencari pemecahan untuk mendapatkan jawaban dan kebenaran atas suatu masalah.
4.      Metode demonstrasi
Suatu metode mengajar dimana seorang guru atu orang lain yang sebgaja di minta atau murid sendiri memperlihatkan pada seluruh kelas tentang suatu proses atau suatu kaifiyyah melakukan sesuatu. (misalnya: proses cara mengambil wudhu, cara mengerjakan sholat jenazah dsb).
5.      Metode sosiodrama  dan bermain peran
Untuk metode mengajar dengan mendramakan atau memerankan hubungan sosial. Sedangkan bermain peran lebih menekankan pada kenyataan di mana para murid di ikut sertakan dalam memainkan peranan di dalam mendramakan masalah-masalah hubungan sosial.
6.      Metoe karya wisata
Suatu karya metoe pengajaran yang di laksanakan dengan jalan-jalan dan mengajak anak-anak keluar kelas serta memperhatikan suatu peristiwa yang berhubungan dengan bahan pelajaran.
7.      Metode resitasi
Suatu metode dengan cara penyajian bahan pelajaran, di mana guru memberikan tugas tertentu agar murid melakakukan kegiatan belajar, kemudian harus di pertanggung jawabkan.
8.      Metode kerja kelompok
9.      Kelompok kerja dari kumpulan beberapa individu yang bersifat  pedagogis yang di dalamnya terdapat  hubungan timbal balik atau kerja sama antara individu serta saling percaya dalam suatu kelompok
10.  Metode problem solving
Suatu metode dalam pendiikan dan pengajaran dengan jalan melatih anak-anak untuk menghadapi  masalah-masalah yang paling sederhana sampai kepada yang sulit.
11.  Metode eksprimen
Suatu metode tentang cara menyajikan bahan pelajaran di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang di pelajari.
            Metoe dalam pendidikan mempunyai tugas dan fungsi  memberi cara yang baik untuk pelaksanaan operasional pendidikan islam.


      C.    Tujuan, tugas dan fungsi metode pendidikan islam
                   Tujuan diadakan metode adalah menjadikan proses dan hasil belajar mengajar ajaran islam lebih berdaya guna dan berhasil guna dan menimbulkan kesadaran peserta didik untuk mengamalkan ketentuan ajaran islam melalui teknik motivasi yang menimbulkan gairah belajar peserta didik secara mantap
                   Fungsi metode pendidikan islam adalah mengarahkan keberhasilan belajar,memberi kemudahan kepada peserta didik untuk belajar berdasarkan minat,serta mendorong usaha kerja sama dalam kegiatan belajar mengajar antara pendidik dengan peserta didik.
                   Tugas utama metode pendidikan islam adalah mengadakan aplikasi prinsip-prinsip psikologi dan paedagogis sebagai kegiatan antar hubungan pendidikan yang terealisasi melalui penyampaian keterangan dan pengetahuan agar siswa mengetahui,memahami,menghayati,dan meyakini materi yang diberikan,serta meningkatkan keterampilan olah pikir.[5]
 





BAB III 
PENUTUP

A.    Kesimpulan:
          metodologi pendidikan dalam islam merupakan suatu ilmu pengetahuan yang dipergunakan dalam pekerjaan mendidik dan Suatu disiplin ilmu yang mengkaji beberapa prinsip pertumbuhan dan perkembangan, dan macam- macam dalam metode pembelajaran/ pendidikan islam.

B.     Saran
          metode dalam pendidikan islam ini sangat mendukung dan membrikan motivasi kepada pengajar agak menggunakan cara yang telah ditentukan(sesuai yang telah dicontohkan oleh rasulullah saw.)  dalam islam. Diharapkan agar kajian ini tidak berhenti disini saja, namun harus kita dalami secara detail agar kefakuman dalam pembelajaran tidak terjadi.


DAFTAR PUSTAKA

1.      Siswanto, M.Pd.I, pendidikan islam dalam dialektika perubahan. Yogyakarta:SUKA Press UIN Sunan kalijaga,2012.
2.      Sahrodi, jamali. Metodelogi studi isla. bandung:CV Pustaka Setia,2008.
3.      Safi, louay. Ancangan metodologi alternatif : sebuah refleksi perbandingan metode penelitian islam dan barat. Yogyakarta:Tiara wacana yogya,2001.
Shalahuddin mahfudz. Metodologi pendidikan agama.surabaya: bina ilmu, 1987.


[1] Siswanto,M.pd.i, pendidikan islam dalam dialektika perubahan ,(yogyakarta:SUKA-press UIN sunan kalijaga 2012. Hlm 68.
[2] Dr. Jamali sahrodi, metodologi studi islam,(bandung:cv pustaka setia,2008), hlm.68.
[3] Louay safi, Ancangan Metodologi Alternatif :sebuah refleksi perbandingan metode peneletian islam dan barat,(yogyakarta: tiaca wacana yogya, 2001) hlm. 7,8
[4] Prof.H.M. Arifin, M,Ed., Ilmu pendidikan islam tinjauan teoretis dan praktis berdasarkan pendekatan inter disipliner,(jakarta: PT bumi aksara, 2003. Hlm 68-74.

[5] Mahfudz Shalahuddin, Metodologi Pendidikan Agama, (Surabaya: Bina Ilmu,1987), hlm. 24-25